sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 27 Jun 2019 16:33 WIB

Indonesia Ingin Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034, Fasilitasnya Siap?

Yanu Arifin - detikSport
Foto: Getty Images/Reuters Foto: Getty Images/Reuters
Jakarta - Indonesia berencana menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Sebelum bicara lebih jauh terkait berbagai aspek penunjangnya, fasilitasnya sudah siap belum?

Indonesia berencana maju menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 bersama Australia. Pembicaraan sudah mulai dilakukan antara PSSI dan Federasi Sepakbola Australia (FFA) untuk mewujudkan kemungkinan tersebut.

Bicara menjadi calon tuan rumah Piala Dunia, satu hal yang paling disorot tentu ketersediaan stadionnya. Pasalnya, arena adalah gelanggang utama para pesepakbola top bertanding nantinya.




Sebagai salah satu instrumen utama gelaran Piala Dunia, FIFA membuat standar khusus untuk stadion-stadion yang dipakai. Menilik buku Panduan Bidding Piala Dunia 2026, yang digelar di Meksiko, Kanada, dan Amerika Serikat, ada satu syarat yang harus dipenuhi.

Syarat itu adalah terkait kapasitas. FIFA menetapkan standar stadion yang akan dipakai sejak upacara pembukaan hingga final. Untuk pembukaan, FIFA meminta stadion yang dipakai minimal berkapasitas 80 ribu kursi.

Sementara untuk pertandingan fase grup, babak 32 besar, 16 besar dan perempatfinal, stadion yang dipakai harus berkapasitas minimal 40 ribu kursi. Untuk pertandingan semifinal, stadionnya minimal berkapasitas 60 ribu. Sementara perebutan tempat ketiga minimal 40 ribu, dan laga puncak atau final minimal 80 ribu kursi.

Sejauh ini, Indonesia justru tidak punya stadion berkapasitas minimal 80 ribu. Stadion Utama Gelora Bung Karno, yang awalnya bisa menampung 90 ribu, justru menyusut menjadi sekitar 77 ribu pasca direnovasi untuk gelaran Asian Games 2018.

Namun, Indonesia punya beberapa stadion yang daya tampungnya minimal 40 ribu. Di antaranya Stadion Palaran, Gelora Bung Tomo, Stadion Kanjuruhan, dan Stadion Batakan. Dengan sedikit renovasi, stadion-stadion itu bisa saja dipakai.




Selain stadion, FIFA juga meminta tuan rumah Piala Dunia menyiapkan fasilitas lainnya seperti pemusatan latihan hingga hotel untuk masing-masing tim peserta. Menilik jumlah peserta di Piala Dunia 2034, Indonesia harus menyiapkan minimal 48 tempat pemusatan latihan dan hotel.

Selain itu, FIFA juga meminta venue latihan di masing-masing kota penyelenggara. Menilik Piala Dunia 2018 di Rusia, tiap kota punya 3 kompleks latihan. Sementara untuk Piala Dunia 2026, FIFA meminta antara 2 hingga 4 lokasi. Belum sampai di situ, FIFA juga meminta dibuatkan satu hingga 2 venue latihan dan hotel khusus untuk wasit.

Demikian gambaran syarat dari FIFA untuk menggelar Piala Dunia 2026. Bisa saja persyaratannya berubah dengan mengikuti kondisi si calon tuan rumah Piala Dunia 2034. Namun, dengan banyaknya fasilitas yang harus dibangun, bisakah Indonesia menyiapkannya?


Inovatif! Sampah Plastik Piala Dunia 2018 Jadi Lapangan Sepakbola, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

Indonesia Ingin Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034, Fasilitasnya Siap?


Simak Video "Selamat! Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com