sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 28 Jul 2019 16:53 WIB

Perubahan Statuta PSSI: Pernah Berkasus Hukum Tak Bisa Jadi Pengurus

Amalia Dwi Septi - detikSport
PSSI memperbarui statuta lewat kongres luar biasa. (Foto: detikSport/Rengga S) PSSI memperbarui statuta lewat kongres luar biasa. (Foto: detikSport/Rengga S)
Jakarta - Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI menghasilkan perubahan statuta mengenai syarat-ketentuan pengurus. Tak ada lagi pengurus yang pernah atau sedang berkasus hukum.

Salah satu agenda utama di dalam KLB yang digelar di Hotel Mercure, Jakarta, Sabtu (27/7/2019) adalah pembaruan statuta PSSI. Jika pada statuta sebelumnya menyebutkan hanya ketua umum, wakil ketua umum, dan komite eksekutif PSSI yang tidak boleh pernah terlibat kasus hukum, mulai saat ini aturan itu berlaku untuk semua pengurus tanpa terkecuali.




Plt Ketum PSSI Iwan Budianto menjelaskan perubahan itu demi perbaikan. Tidak boleh lagi ada mantan narapidana atau bahkan pernah berkasus hukum masuk dalam kepengurusan PSSI.

"Ini perlu saya luruskan. Ini menjadi isu luar biasa. Kalau di masa lalu dalam statuta FIFA berbunyi, calon ketua umum, waketum, Exco (komite eksekutif) tidak boleh pernah terlibat pidana, kata-kata itu sekarang di take-out tidak ada di dalam persyaratan di Exco," ujar Iwan.

"Namun kata-kata itu sekarang dimasukkan ke dalam bodies of PSSI, jadi tidak hanya calon Exco yang tidak boleh terlibat pidana. Ke depan itu pengurus PSSI semua tak boleh terlibat masalah hukum."




"Jadi kalau ada menyampaikan di publik bahwa itu akal-akalan dan sebagainya, ini sekarang malah kami mau lebih baik di masa akan datang. Aturan tidak boleh mantan napi. Kalau untuk Exco PSSI kan dari lalu-lalu PSSI sudah menerapkan itu. Statuta PSSI berlaku sejak kongres disahkan peserta," katanya menegaskan.

Sebelumnya, PSSI juga telah memutuskan Kongres Pemilihan dimajukan menjadi 2 November. Selanjutnya, Komite Pemilihan (KP) kini mulai bekerja untuk menyeleksi para calon-calon Ketum PSSI yang mengajukan diri.




Simak Video "Kongres PSSI 2019 Digelar, Ini Daftar Calon Pesertanya"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com