sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 06 Sep 2019 08:29 WIB

Soal Ricuh di GBK, Beto: Sesama Manusia Harusnya Saling Respek

Mercy Raya - detikSport
Alberto Goncalves menilai sesama suporter harusnya saling menghormati (Agung Pambudhy/detikSport) Alberto Goncalves menilai sesama suporter harusnya saling menghormati (Agung Pambudhy/detikSport)
Jakarta - Striker Timnas Indonesia, Alberto Goncalves, menyesalkan kericuhan suporter di Stadion Gelora Bung Karno. Menurutnya, setiap manusia harusnya saling menghormati.

Laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Indonesia kontra Malaysia di SUGBK, Kamis (5/9/2019) malam, harus ternoda karena ulah suporter. Laga sampai dihentikan beberapa menit karena kondisi suporter semakin panas, bahkan sampai di akhir laga yang dimenangi tim tamu dengan skor 3-2.

Usai pertandingan, Beto mengaku sedih melihat kondisi yang terjadi. Menurutnya, hal itu harusnya bisa dihindari karena sepakbola itu jadi alat pemersatu masyarakat.

Apalagi kerusuhan ini sampai merugikan juga perwakilan pemerintah Malaysia dalam hal ini Menpora Syed Saddiq yang harus tertahan di stadion usai pertandingan.






"Susah bicara itu dan harusnya tidak boleh terjadi karena sama-sama manusia. Cuma beda negara jadi harus respek kepada mereka," kata Beto kepada wartawan di mixed zone.

"Kalau kita main di sana kemudian mereka membuat hal yang sama bagaimana? Kan kita juga (yang kena). Susah ya. Jadi saya sedih lihat itu ya," dia menjelaskan.

Beto pun berharap suporter Indonesia bisa mengubah kebiasaan buruknya ini agar tidak merugikan skuat Garuda ke depannya.

"Mudah-mudahan ke depan kita ubah mental. Kita datang ke stadion untuk dukung tim. Bukan bikin masalah dengan suporter lain," imbau dia.

"Kalau datang dukung kami saja. Lupakan suporter lain. fokus untuk dukung kami saja," demikian dia.






Simak Video "Koreografi Ciamik dan Yel-yel Suporter Indonesia Bergelora di GBK"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com