sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 10 Des 2019 15:25 WIB

Ingatkan Indonesia, RD Ungkap Kekuatan Vietnam

Adhi Prasetya - detikSport
Indonesia harus mewaspadai bola udara dan sepakan jarak jauh Vietnam. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Timnas Indonesia U-22 akan melawan Vietnam di final sepakbola putra SEA Games 2019. Rahmad Darmawan berpesan agar Garuda Muda mewaspadai dua kekuatan utama lini depan Vietnam.

Indonesia akan menghadapi Vietnam di Rizal Memorial Stadium, Selasa (10/12) pukul 19.00 WIB. Kedua tim sebelumnya sudah bertemu di fase grup, di mana Fire Dragon Warriors berhasil menang 2-1.

Kala itu, Indonesia kebobolan lewat sundulan yang berawal dari set piece dan satu tendangan jarak jauh. Khusus bola-bola atas, tim asuhan Park Hang-seo sudah mencetak delapan gol dari sundulan sepanjang SEA Games 2019. Dua hal ini yang harus diwaspadai Evan Dimas dkk.

"Kemarin kan ada golnya itu (melawan Vietnam), satu dari corner kick, satu dari long range shoot. Dua hal itu, juga hindari untuk membuat pelanggaran di sepertiga bawah dan tidak memberi ruang kepada lawan untuk melakukan tendangan dari luar kotak penalti," ujar pelatih yang akrab disapa RD itu kepada detikSport.



RD melihat Vietnam menyadari kekuatan Indonesia saat melakukan deep defending. Untuk menyiasatinya, Vietnam akhirnya menggunakan tendangan jarak jauh untuk mencetak gol ke gawang Nadeo Argawinata.

"Memang cara untuk melawan compact defense itu ada empat, satu penetrasi, kedua combination play, ketiga wing play, keempat long range shoot. Yang dibuat (Vietnam) long range shoot. Setelah mereka gagal kombinasi, gagal penetrasi, wing play juga kalah, mereka main dengan long range shoot (dan berhasil)."

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Hadapi Final, Timnas U-22 Hari Ini Fokus Pemulihan"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com