sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 16 Des 2019 19:29 WIB

Persipura Jayapura Vs Tira Persikabo: Polemik Semifinal Liga 1 Putri

Randy Prasatya - detikSport
Ada polemik semifinal Liga 1 Putri antara Persipura Jayapura dengan Tira Persikabo. (Foto: ist.)
Jakarta - Polemik terjadi di Liga 1 Putri Indonesia. Persipura Jayapura dianggap mundur dari pertandingan karena menolak adu penalti melawan Tira Persikabo.

Persipura bertemu dengan Tira Persikabo di babak semifinal. Laga ini berlangsung dua leg. Pada pertemuan pertama, Persipura menang 5-4 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor (1/12/2019), dan di pertemuan kedua Tira Persikabo menang 2-1 di Stadion Cenderawasih, Biak, Sabtu (7/12/2019). Maka, agregat kedua tim menjadi 6-6.

Dalam regulasi PSSI yang ditetapkan sebelum laga leg kedua, agregat imbang harus berlanjut ke adu penalti, tanpa babak tambahan dan tak ditentukan oleh agresivitas gol tandang.

Keputusan terkait regulasi tersebut sudah disampaikan PSSI sebelum leg kedua. PSSI mengirimkan surat ke seluruh peserta dengan nomor 5308/AGB/1641/XII-2019 tertanggal 4 Desember 2019.

Persipura pada akhirnya menolak untuk melakukan adu penalti. Mereka merasa regulasi yang dibuat berbeda sedari awal.


Keputusan Persipura menolak adu penalti dan mundur dari permainan membuat mereka tersisih. PSSI melalui situs resminya membuat keterangan bawah Persipura tersingkir dan dinyatakan kalah 0-3.

Komite Disiplin PSSI menyatakan tim Persipura telah melanggar pasal 13 ayat (1) jo, pasal 67 ayat (2) Regulasi Liga 1 Putri 2018. Atas pelanggaran ini, Persipura dinyatakan kalah 0-3.

General Manager (GM) TIRA-Persikabo Putri, Esti Puji Lestari, senang atas keputusan PSSI. Pada akhirnya Tira Persikabo bisa mendapatkan keputusan.

"Terima kasih PSSI telah ambil keputusan dan melegakan kami. Keputusan ini pasti tidak menyenangkan semua orang," kata Esti kepada pewarta dalam voice note-nya.

"Kami tentu tidak ingin masuk final dengan cara seperti ini. Harusnya diputuskan di lapangan dan kita bisa adu penalti. Tapi ini sudah keputusan sesuai regulasi. Saya mau fokus ke final," sambungnya.

detikSport sudah berusaha meminta konfirmasi terkait regulasi kepada Komdis PSSI. Namun, belum ada yang mau menjawab. Umar Husin bahkan menolak menjelaskannya dan melempar ke pihak lain.



Simak Video "Tekuk PS Tira, Persib Juara Liga 1 Putri 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com