sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 26 Des 2019 14:18 WIB

Review Liga 1 2019

Klub-klub Musafir di Liga 1: Persipura Main di Jawa, Persib Main di Bali

Adhi Prasetya, Adhi Prasetya - detikSport
Persipura memainkan sebagian besar laga kandang mereka di luar Jayapura musim ini. Foto: ANTARA FOTO/Umarul Faruq/aww.
FOKUS BERITA Kereta Ekspres Liga 1
Jakarta - Masih ada klub-klub yang berstatus musafir di Liga 1 2019. Karena satu dan lain hal, mereka harus pindah lokasi untuk sekedar menjalani laga kandang.

Sepanjang kompetisi bergulir, setidaknya ada delapan tim yang harus keluar kandang. Mereka 'terusir' dari rumah sendiri karena berbagai macam faktor, mulai dari masalah keamanan, renovasi stadion, hingga menjalani hukuman.

Klub-klub tersebut adalah Kalteng Putra, Persija Jakarta, Persib Bandung, Persebaya Surabaya, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Tira Persikabo, dan PSIS Semarang. Mereka setidaknya pernah menjalani satu laga kandang di luar kota mereka, bahkan di luar pulau.



Kalteng Putra menjadi tim pertama di Liga 1 yang menyandang status musafir. Di awal musim, mereka tak bisa menggunakan Stadion Tuah Pahoe karena masih dalam renovasi. Oleh karena itu, mereka pun pindah ke Stadion Sultan Agung, Bantul, dan memainkan empat laga kandang di sana.

Kemudian ada Persija Jakarta, yang hanya tujuh kali bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) musim ini. Masalah perizinan kepolisian membuat Macan Kemayoran harus melakoni 10 laga kandang lainnya di Jawa Barat, tepatnya ke Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi dan Stadion Wibawa Mukti di Kabupaten Bekasi.

Hal serupa terjadi pada Persib. Maung Bandung harus melakoni dua laga kandang di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, saat melawan Persebaya (18/10) dan Persija (28/10). Situasi politik dan keamanan saat itu membuat Polda Jabar tak memberikan izin keramaian untuk menggelar laga di Bandung.


Selanjutnya
Halaman
1 2
FOKUS BERITA Kereta Ekspres Liga 1
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com