sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 26 Des 2019 14:18 WIB

Review Liga 1 2019

Klub-klub Musafir di Liga 1: Persipura Main di Jawa, Persib Main di Bali

Adhi Prasetya, Adhi Prasetya - detikSport
Persipura memainkan sebagian besar laga kandang mereka di luar Jayapura musim ini. Foto: ANTARA FOTO/Umarul Faruq/aww.
FOKUS BERITA Kereta Ekspres Liga 1


Sementara itu, Persebaya harus merantau ke luar Jawa karena menjalani hukuman laga usiran, imbas dari kerusuhan saat bertemu PSS Sleman (29/10). Sebanyak dua laga mereka mainkan di luar Surabaya, yakni saat menjamu PSM Makassar (14/11) dan Semen Padang (28/11). Bajul Ijo menggunakan Stadion Batakan, Balikpapan, sebagai kandang sementara mereka.

Persipura juga harus keluar pulau demi melangsungkan laga kandang. Sebelas pertandingan kandang Mutiara Hitam dimainkan di dua tempat, yakni Stadion Aji Imbut, Tenggarong, dan Stadion Delta Sidoarjo.

Hal ini dikarenakan Stadion Mandala harus direnovasi untuk gelaran PON 2020. Selain itu, kondisi keamanan yang sempat tidak kondusif di Papua membuat Boaz Solossa dkk tidak memungkinkan bermain di sana.



Sementara itu, Bhayangkara FC, Tira Persikabo, dan PSIS juga sempat menjadi musafir. Bhayangkara tampil di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, saat dikalahkan Badak Lampung 0-1, Jumat (16/8). Saat itu kandang mereka, Stadion PTIK, Jakarta, sedang direnovasi.

Hal unik dialami Tira Persikabo. Mereka menjalani laga kandang rasa tandang saat berjumpa Bhayangkara, Sabtu (19/10), karena tak diizinkan bertanding di Stadion Pakansari, Bogor. Akhirnya, mereka memilih bertanding di Stadion PTIK, Jakarta, tanpa dihadiri penonton. Tira Persikabo kalah 0-2 di laga tersebut.

Situasi serupa juga dialami PSIS. Menghadapi PSS (2/11), mereka memilih bertanding di Stadion Maguwoharjo, Sleman, yang merupakan kandang tim berjuluk Super Elang Jawa tersebut. Polres Magelang saat itu tidak memberikan izin untuk menggelar pertandingan dikarenakan alasan keamanan. Meski begitu, Mahesa Jenar berhasil menang 3-0.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(adp/fem)
FOKUS BERITA Kereta Ekspres Liga 1
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com