sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 12 Feb 2020 22:00 WIB

Jelang Liga 1 2020, Stadion-stadion Sudah Penuhi Standar?

Randy Prasatya - detikSport
logo liga 1 2019 shopee liga 1 2019 Foto: Rifkianto Nugroho/detikSport
Jakarta -

PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah mulai melakukan verifikasi stadion kontestan Liga 1 2020. Bagaimana penilaiannya sejauh ini?

Beberapa stadion Liga 1 yang sudah ditinjau langsung oleh PT LIB adalah Stadion Benteng Taruna milik Persita Tangerang, Stadion Gelora Bangkalan milik Madura United, Stadion Si Jalak Harupat yang menjadi markas Persib Bandung, dan Stadion Gelora Bung Tomo milik Persebaya Surabaya.

Dari nama-nama stadion tersebut, ada yang sudah dianggap layak untuk menggelar Liga 1 2020. Tapi Direktur Utama PT. LIB Cucu Somantri belum mau membocorkan rinciannya.

PT. LIB selanjutnya bakal meninjau markas Persiraja Banda Aceh. Klub berjulukan Laskar Rencong itu memilih Stadion Harapan Bangsa untuk kandang di Liga 1 2020.

"Kami sudah bergerak ke beberapa daerah juga sebelum ke Aceh. Secara umum ada klub yang sudah memenuhi standar verifikasi dan kami nyatakan layak untuk menyelenggarakan sebuah pertandingan," kata Cucu.

PT. LIB menjelaskan kriteria stadion yang bisa dinyatakan layak menggelar Liga 1 meliputi kualitas rumput, ruang ganti pemain, hingga penataan cahaya lampu.

Cucu menekankan bahwa setiap peserta wajib memenuhi standar yang telah diberlakukan. Hal itu pun sudah tertuang dalam regulasi kompetisi edisi 2020.

"Misalnya masalah rumput. Memang ada yang tidak sesuai standar lalu kami minta benahi. Misalnya tidak bisa, oke kami carikan alternatif lain. Pakai rumput sintetis mungkin. Itu pertama," ucap Cucu membeberkan.

"Kedua, lampu. Kita mesti ikut aturan FIFA. Besaran cahaya standarnya 800 lux dan itu harus. Dan stadion, kita semua minta harus bagus, ya, dan sekiranya tak sesuai standar kami akan minta mereka berpindah home base," tegasnya.



Simak Video "Barcelona Kini Sudah Latihan Tanpa Jaga Jarak"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com