sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 28 Feb 2020 16:25 WIB

Jelang Liga 1 2020

Persipura Jayapura: Persiapan Minimal, Mutiara Hitam Bisa Maksimal?

Yanu Arifin - detikSport
Persipura Jayapura Persipura Jayapura menuju Shopee Liga 1 2020 dengan persiapan minim. (Foto: detikcom/Grandyos Zafna)
FOKUS BERITA Kick-off Liga 1 2020
Jakarta -

Persipura Jayapura menyambut Shopee Liga 1 2020 dengan persiapan yang terbilang minim. Dengan begitu, mampukah Mutiara Hitam meraih hasil maksimal?

Menyambut Shopee Liga 1 2020, tidak banyak perubahan berarti di tubuh Persipura. Hanya dua bintang direkrut.

Mereka adalah Arthur Cunha dan Sylvano Comvalius, yang berstatus pinjaman dari Arema FC. Sisanya, hanya pemain seperti Yohanes Ferinando Pahabol dan Takuya Matsunaga dari Kalteng Putra, serta kiper Geri Mandagi dari Mitra Kukar.

Jika dibandingkan dengan Persija Jakarta, Bhayangkara FC, Persebaya Surabaya, dan Bali United, maka persiapan Persipura terbilang minim. Tinggal bagaimana kolektivitas dan semangat juang Persipura bisa membantu pasukan Jacksen F Tiago bersaing di Shopee Liga 1 2020.

Status Tim Musafir

Di Shopee Liga 1 2020, Persipura juga akan berstatus tim musafir. Pasalnya, Stadion Mandala Jayapura tengah direnovasi, sebagai bagian dari persiapan PON 2020.

Sebagai gantinya, Persipura akan bermarkas di Stadion Klabat di Manado, Sulawesi Utara. Ricardo Salampessy dkk pun sudah mendarat di markas barunya pada Selasa (25/2).

Status tim musafir bukan pertama kali disandang Persipura. Musim lalu, mereka pun harus berpindah-pindah stadion karena masalah yang sama, dari mulai bermain di Stadion Aji Imbut, Kutai Kartanegara, hingga ke Stadion Gelora Delta Sidoarjo.


Dengan kondisi itu, Persipura pun masih bisa menjaga penampilannya. Tak ayal, jauh dari Jayapura bukan berarti Persipura bakal terseok-seok di Shopee Liga 1 2020.

Debut Persipura di markas barunya pun langsung terjadi di pekan pertama. Persipura akan menjamu PSIS Semarang di Stadion Klabat, Minggu (1/3/2020)

Menanti Duet Comvalius dan Boaz

Musim lalu, lini depan Persipura dihuni Boaz Solossa dan Titus Bonai. Namun, Tibo meninggalkan klub dan kini berlabuh di Borneo FC.

Kini, Persipura pun mendatangkan Comvalius. Striker 32 tahun itu tercatat masih menjadi pemegang rekor gol terbanyak di satu musim kompetisi Liga 1, dengan koleksi 37 gol pada 2017.

Duetnya dengan Boaz jelas dinanti. Musim lalu, kapten berusia 33 tahun itu punya catatan 9 gol untuk Persipura.

Gol-gol juga akan semakin akrab dengan Persipura berkat kedatangan Arthur Cunha. Bek Brasil itu juga kerap membantu serangan, dan musim lalu punya catatan 2 gol untuk Singo Edan.

Belum lagi keberadaan Todd Rivaldo Ferre dan Ian Louis Kabes, yang juga tak boleh diremehkan. Kombinasi pemain muda dan senior di tubuh Persipura jelas akan membuatnya patut diwaspadai.

Dengan persiapan minim, Persipura tentu masih layak masuk dalam persaingan juara Shopee Liga 1 2020. Biar bagaimana juga, Boaz Solossa dkk merupakan tim tersukses di Tanah Air.



Simak Video "PSS Sleman Latihan di Jakarta Seraya Cari Suasana Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/cas)
FOKUS BERITA Kick-off Liga 1 2020
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com