sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 12 Mar 2020 21:20 WIB

Sikap PSSI soal Sponsor Tira Persikabo dan Persib Bandung

Muhammad Robbani - detikSport
Tira Persikabo Foto: detikcom/Grandyos Zafna
Jakarta -

PSSI resmi melarang situs judi dan perusahaan rokok menjadi sponsor klub Shopee Liga 1 2020. Keputusan itu dirilis hari ini, Kamis (12/3/2020).

Dua sponsor yang dimaksud adalah SBOTOP dan tagline 'Pria Punya Selera'. Sponsor pertama menempel di jersey Tira Persikabo dan yang kedua tampil di seragam Persib Bandung.

Kedua sponsor itu nampak di jersey Tira Persikabo dan Persib dalam dua pekan pertama kompetisi. Padahal pemerintah dan LIB sudah melarang dan mengeluarkan surat edaran.

"Terkait implementasi peraturan nasional soal sponsor industri olahraga tertanggal 25 Mei 2019, PT. Liga Indonesia Baru (LIB) telah menyampaikan penegasan kembali," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dikutip dari laman resmi federasi.

"Bahwa sesuai peraturan pemerintah yang berlaku, LIB tidak mengizinkan klub yang berpartisipasi pada kompetisi resmi yang dikelola LIB untuk menjalin kerjasama komersial dengan produk yang berkaitan langsung dengan brand rokok, minuman beralkohol, dan situs perjudian," ujarnya menambahkan.

Ada enam landasan diterbitkannya aturan PSSI ini. Yakni Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008, PP No. 109 Tahun 2012, PEPRES No. 74 Tahun 2013, PERMENDAG No. 20 Tahun 2014, Hasil Rapat Koordinasi POLRI dan PSSI, dan Hasil Rapat Koordinasi Satgas Anti Mafia Bola dan PSSI.

Namun PSSI tetap menyerahkan keputusan kepada masing-masing klub apakah tetap akan melanjutkan atau menghentikan kerjasama dengan dua sponsor di atas.

"Bila klub yang tetap melakukan ikatan kerja sama dengan pihak yang telah dilarang pada peraturan sebagaimana tersebut, hal itu merupakan tanggung jawab klub sepenuhnya," tulisan akhir di rilis PSSI.



Simak Video "Liga 1 Lanjut Oktober, Berpusat di Pulau Jawa"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com