sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 12 Mar 2020 23:39 WIB

Jadwal Shopee Liga 1 Dimajukan demi Timnas Indonesia

Muhammad Robbani - detikSport
Logo Shopee Liga 1 Shopee Liga 1 2020 akan mengalami perubahan jadwal untuk mengisi kekosongan agenda timnas Indonesia. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator berencana memajukan jadwal Shopee Liga 1 2020. Ada 19 pekan yang bakal dirombak.

Jadwal yang berubah adalah pekan ke-12 hingga pekan ke-30. Dimajukannya jadwal ini dilakukan dengan mengisi kekosongan agenda Timnas Indonesia pada FIFA Matchday.

Seperti diketahui, agenda timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada akhir Maret ini mengalami penundaan karena ancaman virus corona. Padahal di periode itu, PT LIB dan PSSI sudah sedemikian rupa mengosongkan jadwal Shopee Liga 1 agar tak ada benturan kepentingan antara timnas dan klub.

Tiga pertandingan Timnas Indonesia itu awalnya adalah melawat ke markas Vietnam (26/3/2020), Uni Emirat Arab (31/3/2020), dan tandang ke Vietnam (4/6/2020). Tiga pertandingan itu secara berurutan ditunda ke tanggal 8 dan 13 Oktober, serta 12 November.

Nah PT LIB mendapat masukan dari PSSI untuk mengisi jadwal kosong FIFA matchday dengan memajukan Liga 1.

"Penundaan pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang seharusnya digelar pada bulan Maret dan Juni oleh FIFA ditunda ke bulan Oktober dan November karena imbas dari maraknya kasus penyebaran virus Corona," kata Direktur Operasional PT LIB, Sujarno kepada detikSport, Kamis (12/3/2020).

"Penundaan ini membuat rencana Timnas menggelar Training Center dan laga resmi di FIFA Match Day (16-31 Maret ) dibatalkan," ujarnya menambahkan.

Pertimbangan PSSI memajukan jadwal ini agar Liga 1 tetap bisa berakhir sesuai jadwal, dengan pekan terakhir kompetisi adalah 31 Oktober. Sehingga timnas nantinya tak terlalu kesulitan menyusun agenda jelang akhir tahun.

"PSSI meminta kepada LIB untuk mengisi slot 16 - 31 Maret dengan pertandingan Liga 1," ucap Sujarno.

"Dengan mengisi slot tersebut diharapkan akhir dari kompetisi liga 1 dapat selesai sesuai jadwal yaitu akhir Oktober 2020 karena setelah Oktober dipastikan agenda sangat padat," tuturnya mengakhiri.



Simak Video "PSSI Ancam Pecat Shin Tae-yong, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/adp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com