sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 18 Mar 2020 22:20 WIB

Shopee Liga 1 2020, Pemain Timur Tengah Jadi Primadona

Muhammad Robbani - detikSport
Samir Ayass Shopee Liga 1 2020, Pemain Timur Tengah Jadi Primadona (Detikcom/Agus Setyadi)
Jakarta -

Tren penggunaan pemain asing Asia di Shopee Liga 1 terus mengalami perubahan dari musim ke musim. Edisi 2020, pemain Asia dari Timur Tengah jadi primadona.

Mereka tersebar di tujuh klub berbeda. Palestina jadi penyumbang terbanyak dengan jumlah tiga pemain, diikuti Irak dan Libanon sebanyak dua pemain.

Tiga pemain Palestina adalah Yashir Islame (Barito Putera), Mahmoud Eid (Persebaya Surabaya), dan Jonathan Cantillana (PSIS Semarang). Irak diwakili Brwa Nouri (Bali United) dan Brian Ferreira (Persela Lamongan).

Sementara dua pemain Libanon adalah Samir Ayass (Persiraja Banda Aceh) dan Hussein Eldor (PSM Makassar).

Hanya tiga pemain di antaranya yang sudah merasakan atmosfer Liga 1. Yakni Jonathan Cantillana, Brwa Nouri, dan Brian Ferreira. Sisanya sebanyak empat pemain merupakan pendatang baru.



Ini merupakan fenomena baru di Liga 1 yang sebelumnya lebih menyukai pemain-pemain dari Asia Timur dan Asia Tengah. Contohnya pada 2017, pemain dari Benua Kuning masih menguasai dengan jumlah 12 pemain.

Selera itu mulai bergeser pada 2018 dimana pemain Asia Tengah dan Asia Timur sama-sama diwakili enam pemain. Namun Asia Timur kembali menguasai pada 2019 dengan jumlah sembilan pemain.

Hanya saja ada yang perlu menjadi catatan dari fenomena kedatangan pemain Timur Tengah. Tujuh pemain itu punya lebih dari satu kewarganegaraan.

Brwa Nouri (Irak-Swedia), Yashir Islame & Jonathan Cantillana (Palestina-Chile), Mahmoud Eid (Palestina Swedia), Brian Ferreira (Irak-Argentina), Hussein Eldor (Libanon-Pantai Gading), dan Samir Ayass (Libanon-Bulgaria).

Bahkan Brian Ferreira tak punya hubungan apapun dengan Irak alias murni orang Argentina. Dia mendapatkan paspor Irak saat masih bermain di Johor Darul Takzim (JDT) pada 2017.

Saat itu JDT kelebihan kuota pemain asing. Entah bagaimana caranya Brian Ferreira bisa mendapatkan paspor Irak.



Selain fenomena invasi pemain Timur Tengah, kini setiap wilayah Asia punya perwakilan. Mulai dari Timur Tengah, Asia Tengah, Asia Timur, Asia Selatan, hingga Asia Tenggara dan Australia.

Sebaran pemain asing Asia di Shopee Liga 1 2020

-Timur Tengah (7 pemain)

Brwa Nouri, Brian Ferreira (Iraq), Yashir Islame, Mahmoud Eid, Jonathan Cantillana (Palestina), Samir Ayass, Hussein Eldor (Libanon)

-Asia Tengah (4 pemain)

Javlon Guseynov & Artyom Filiposyan (Uzbekistan), Nuriddin Davronov (Tajikistan) Tamirlan Kozubaev (Kirgiztan)

-Australia (4 pemain)

Jacob Pepper, Ante Bakmaz, Aaron Evans, Aryn Williams

-Asia Timur (3 pemain)

Oh In-kyun & Lee Won-jae (Korea Selatan), Takuya Matsunaga (Jepang)

-Asia Selatan (1 pemain)

Rohit Chand (Nepal)

-Asia Tenggara (1 pemain)

Omid Nazari (Filipina-Iran).



Simak Video "Intip Latihan Perdana PSM Jelang Shopee Liga 1 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com