sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 22 Apr 2020 19:15 WIB

Selain Nnana Onana, Ini Pemain Liga Indonesia yang Berkerabat Pemain Top

Muhammad Robbani - detikSport
Eero Markkanen, PSM Makassar Eero Markkanen salah satu pesepakbola di Liga Indonesia yang berkerabat dengan atlet top. (Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Nnana Onana bukan satu-satunya pemain yang pernah main di Liga Indonesia yang punya kerabat pemain top. Misalnya Christopher Wreh eks Perseman Manokwari.

Christopher Wreh memperkuat Perseman yang bermain di Divisi Utama Liga Indonesia dari 2007-2010. Ia merupakan sepupu dari George Weah yang merupakan legenda AC Milan.

Pemain asal Liberia itu juga terbilang punya karier yang cukup bagus sebelum main di Indonesia. Ia pernah memperkuat AS Monaco, Arsenal, hingga A.F.C. Bournemouth.

Kariernya perlahan menurun dan ia berkelana ke Asia dengan gabung klub Iran, Persepolis, pada 2003. Setelah berpindah-pindah klub, ia gabung Perseman pada 2007 dan itu pensiun di klub itu.

Christopher Wreh bukan satu-satunya sepupu George Weah yang bermain di Indonesia. Ada juga Stephen Weah yang pernah memperkuat Persegi Gianyar, Arema, hingga Barito Putera.

Stephen Weah berkarier di Indonesia pada periode akhir 1990. Ia terus bermain di sini hingga awal tahun 2000-an.

Ada juga Musa Kallon yang pernah memperkuat PSM Makassar, Persikota Tangerang, hingga Persebaya Surabaya. Ia merupakan kakak dari Mohamed Kallon.

Sang adik dikenal sebagai pemain yang lama bermain di Liga Italia. Mohamed Kallon pernah memperkuat Bologna, Genoa, Cagliari, Regina, Vicenza, dan yang paling besar adalah Inter Milan.

Meski karier keduanya bagai langit dan bumi, Kallon bersaudara pernah sama-sama memperkuat Timnas Sierra Leone. Musa dipanggil negara dalam rentang waktu 8 tahun pada 1990-1998, sementara Mohamed 17 tahun mulai 1995-2012.

Selain itu, ada pula Marko Krasic yang pernah bermain untuk Arema versi Liga Primer Indonesia pada 2012-2013. Pemain asal Serbia itu merupakan sepupu dari Milos Krasic yang pernah memperkuat Juventus.

Hanya saja karier Marko Krasic di Indonesia tak berlangsung lama. Maklum saat itu sepakbola Tanah Air sedang banyak masalah, utamanya tentang dualisme kompetisi.

Pemain kelahiran 1985 itu pun melanjutkan petualangannya ke liga-liga negara lain. Sementara sang sepupu nyaman bermain di klub-klub terpandang Eropa semacam Juventus, Fenerbahce, CSKA Moscow, dan terakhir Lechia Gdansk.

Di luar sepakbola, ada pula pasangan kakak-adik dalam diri Markkanen bersaudara. Yakni Eero Markkanen dan Lauri Markkanen.

Eero Markkanen pernah sebentar memperkuat PSM Makassar sejak awal musim 2019. Namun eks pemain binaan Real Madrid itu didepak PSM di tengah musim karena dianggap tak sesuai harapan.

Ia adalah kakak kandung dari pemain NBA asal tim Chicago Bulls yakni Lauri Markkanen. Ayah mereka adalah Pekka Markkanen yang merupakan mantan pemain basket top asal Finlandia.



Simak Video "Prediksi Liverpool VS MU Bareng The Reds Indo dan United Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com