Bertemu PSSI, Menpora Soroti Persiapan Timnas dan Nasib Kompetisi

Mercy Raya - Sepakbola
Jumat, 22 Mei 2020 23:00 WIB
PSSI mengajukan anggaran Piala Dunia U-20 2021 ke Menpora
Menpora Zainudin Amali bertemu dengan PSSI membahas nasib kompetisi Liga 1 dan Liga 2 serta persiapan timnas untuk Piala Dunia U-20 2021.Foto: Dok. Kemenpora
Jakarta -

PSSI secara langsung berkoordinasi dengan Menpora Zainudin Amali terkait persiapan Piala Dunia U-20. Mereka juga membahas kelanjutan kompetisi Liga 1 dan 2.

Pertemuan berlangsung di kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (22/5/2020). Iwan Bule, panggilan karib Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, didampingi Wasekjen PSSI Maaike Ira Puspita dan staf khusus Ketum PSSI Leonardus JP Siegers.

Dalam pertemuan itu, Menpora lebih menyoroti soal kepastian persiapan timnas menjelang Piala Dunia U-20 2021. Hal itu seiring arahan Presiden RI Joko Widodo yang sangat peduli terhadap prestasi Indonesia di turnamen itu.

"Kita harus pastikan persiapan timnas berjalan baik meskipun situasinya seperti sekarang ini," kata Amali seperti dikutip detikSport dalam laman PSSI.org.

"Pemerintah (memang) sudah menegaskan bahwa kita harus bisa hidup berdampingan dengan corona. Protokol kesehatan akan dijalankan sangat ketat tapi pemulihan ekonomi termasuk kegiatan olahraga akan mulai menyesuaikan. Kata kuncinya kita harus tetap produktif di saat pandemi," ujarnya.

Untuk itu, sebut Amali, meskipun sejumlah klub ada yang menginginkan kompetisi berhenti namun tetap harus memikirkan nasib dari persiapan timnas itu sendiri.

Sebagai contoh, timnas senior yang akan main di Pra Piala Dunia pada Oktober mendatang untuk menentukan peringkat Indonesia di FIFA. Demikian pula timnas U-16 di Piala Asia dan Timnas U-19 untuk persiapan Piala Dunia U-20 2021.

Menjawab itu, Iriawan mengatakan akan terus berkoordinasi dengan FIFA. Tidak hanya soal persiapan penyelenggaraannya, salah satunya menyiapkan business plan. Tapi juga soal kesiapan tim U-19 tahun depan yang akan bertanding di ajang tersebut.



Simak Video "Cari Talenta Atlet, Menpora Akan Bikin 10 Sentra Pemusatan Latihan di Daerah"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/rin)