sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 04 Jun 2020 18:40 WIB

Berita Buruk untuk Timnas, Piala AFF 2020 Digelar Sesuai Jadwal

Muhammad Robbani - detikSport
Shin Tae-yong untuk pertama kalinya menggelar latihan bersama Timnas senior Indonesia. 30 pemain hadir dalam pemusatan latihan ini. Timnas Indonesia mendapat kabar buruk Piala AFF 2020 digelar sesuai jadwal. (Foto: detikocm/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Piala AFF 2020 akan tetap digelar sesuai jadwal. Kepastian ini bisa menjadi dilema buat PSSI terkait melanjutkan Shopee Liga 1 2020 pada September atau Oktober.

Kedua ajang ini berpotensi bertabrakan andai Shopee Liga 1 masih bergulir sampai akhir tahun. Pada jadwal, Piala AFF akan digelar pada 23 November-31 Desember.

Ini menjadi berita buruk buat PSSI yang ingin membawa Timnas meraih gelar pertama di ajang ini. Padahal mereka sudah memulai kompetisi sejak akhir Februari lalu agar Timnas Indonesia punya banyak waktu persiapan menyambut ajang ini.

Pandemi virus Corona merusak semua rencana. Shopee Liga 1 pun dihentikan sejak pertengahan Maret dan baru direncanakan bergulir lagi pada September atau Oktober.

Kepastian penyelenggaraan Piala AFF sesuai jadwal diwartakan oleh Straitstimes. Hal itu diketahui setelah AFF menjalin kerjasama dengan Pinaco asal Vietnam untuk menjadi pendamping Suzuki sebagai sponsor utama Piala AFF.

"Piala AFF akan tetap digelar sesuai jadwal dan semua rencana kami akan terus dilanjutkan," kata seorang juru bicara AFF yang dikutip dari Straitstimes.

"Tentu saja keamanan dan keselamatan tetap menjadi perhatian utama kami, termasuk pemain dan fans. Kami tengah berkonsultasi dengan anggota asosiasi (AFF) dan pejabat terkait untuk menyukseskan gelaran ini," ujarnya menambahkan.

Juru bicara AFF itu juga mengindikasikan penggunaan format yang sama seperti edisi 2018. Yakni setiap peserta berhak menjadi tuan rumah, untuk dua laga fase grup. Cuma Timor-Leste yang tak bisa menggelar pertandingan di kandangnya sendiri.

Format ini terbukti ampuh menarik kehadiran banyak fans. Tercatat ada 752.945 suporter yang datang langsung ke stadion sepanjang gelaran Piala AFF 2018.



Simak Video "Piala AFF Dipastikan Mundur Tahun Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com