sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 11 Jul 2020 19:10 WIB

Pemain Timnas Indonesia U-16 Fit, tapi...

Mercy Raya - detikSport
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti. Bima Sakti, pelatih Timnas Indonesia U-16. (Foto: detikcom/Jauh Hari Wawan S)
Jakarta -

Skuad tim nasional Indonesia U-16 dalam kondisi fisik fit, setelah hampir sepekan pemusatan latihan di Bekasi. Tapi ada satu pemain yang sempat mengalami flu dan langsung dipantau dokter.

Marcell Januar Putra dkk. sudah melakukan pemusatan latihan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi sejak Senin (6/7/2020).

Pemusatan latihan itu menjadi yang pertama di antara TC timnas lainnya di tengah pandemi. Karena itu pula segala aktivitasnya selalu dipantau tim dokter dan dilengkapi dengan protokol kesehatan yang ketat.

Nyaris sepekan latihan, pelatih timnas U-16 Bima Sakti mengatakan bahwa skuadnya dalam kondisi baik dan tak ada persoalan yang signifikan.

"Kondisi pemain baik tak ada masalah. Tadi ada satu pemain yang flu tapi kami minta dokter kasih obat, dan tak perlu ikut latihan. Ruangannya pun dipisahkan dari kami. Tapi tadi siang sudah membaik dan bergabung dengan kami. Makan pun kami sudah bersama," kata Bima melalui aplikasi Zoom dengan pewarta, Sabtu (11/7/2020).

Bima Sakti tak menepis kondisi ini merupakan hal baru bagi timnas Indonesia U-16 dan harus cepat beradaptasi. Maka itu, ia selalu mengimbau pemainnya untuk saling menjaga diri.

"Saya sudah sampaikan ke pemain semua dan sedikit berbeda (dari kebiasaan sebelumnya). Butuh perhatian khusus, semua saling menjaga sendiri dan orang lain, terutama kita karena menjadi sorotan. Terlebih timnas U-16 menjadi yang pertama melakukan latihan awal di masa pandemi, jadi sama-sama menjaga saja," dia menjelaskan.

"Seperti menggunakan masker setiap hari, berangkat pakai sarung tangan, sampai stadion dibuang. Baru saat latihan mereka tak pakai masker, hanya pelatih dan ofisial saja. Dokter juga selalu kasih hand sanitizer dan itu botolnya masing-masing, begitu dengan botol minuman kami beri nama, jadi tidak ada yang bergantian, handuk mandi juga begitu," ujar mantan pemain timnas itu.

"Kebiasaan itu jadi tanggung jawab masing-masing dan harus mencuci sendiri. Jadi harus mengikuti protokol kesehatan semua," imbuhnya mengenai kondisi timnas Indonesia U-16.



Simak Video "Timnas U-16 Mulai Gelar Latihan di Stadion Patriot"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com