sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 18 Jul 2020 11:45 WIB

Shopee Liga 1: Pengajuan Lokasi Kandang Klub Hampir Beres

Muhammad Robbani - detikSport
Logo Shopee Liga 1 Shopee Liga 1: Pengajuan Lokasi Kandang Klub Hampir Beres. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Hampir semua klub Shopee Liga 1 2020 telah menyerahkan rencana lokasi homebase (kandang) setelah virtual meeting. Hal itu dikatakan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Sebelumnya, melalui surat edaran yang diterbitkan Jumat (10/7), PT LIB meminta klub untuk mengajukan rencana lokasi kandang mereka. Ketentuannya, klub Jawa bisa mengajukan kandangnya sendiri sedangkan klub dari luar Jawa dipusatkan di sekitaran Yogyakarta.

Adapun deadline pengajuan kandang itu ditunggu sampai Rabu (15/7). Kenyataannya, baru 15 klub yang menyerahkan rencana lokasi kandang mereka sampai dengan hari Kamis (16/7).

PT LIB pun kemudian menggelar virtual meeting dengan para perwakilan klub Shopee Liga 1 2020 yang salah satunya untuk membahas hal itu, Jumat (17/7). Kini, PT LIB menyebut hampir semua klub sudah menyerahkan lokasi home base pilihan mereka.

"Pembahasan virtual meeting masih seputaran persiapan kelanjutan liga. Kami baru sosialisasi program dan lain-lain," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada detikSport.

"(Masalah home base) ikut dibahas. Hampir semua (pengajuan lokasi home base) dari klub sudah masuk," ujarnya menambahkan.

Sayang ia tak mengungkapkan secara detail tentang lokasi pilihan para klub. Sejauh ini baru klub-klub asal luar Pulau Jawa yang bersuara soal lokasi pilihan mereka.

"Saya izin menyetir ke Bandung ya, kalau tidak salah poin-poin hasil virtual meeting sudah kami rilis di web PT LIB," ujar Akhmad Hadian Lukita mengakhiri.

Hampir semua dari luar Pulau Jawa diyakini memilih Yogyakarta, sebagaimana opsi yang disediakan oleh PSSI dan PT LIB. Borneo FC dan Persiraja Banda Aceh sudah terang-terangan memilih Stadion Maguwoharjo sebagai kandang pilihannya. Sang tuan rumah PSS Sleman juga menjatuhkan pilihan yang sama.

Belakangan dikabarkan juga bahwa Persija Jakarta, PSM Makassar, dan Bali United telah memilih Stadion Sultan Agung. Persija tak mau bermain di Jakarta dan memilih bermain di Yogyakarta.

Sementara itu, belum diketahui tim Shopee Liga 1 2020 mana yang akan memakai Stadion Mandala Krida. Meski begitu, pengelola stadion sudah menyatakan kesiapannya untuk menerima kehadiran klub-klub musafir.



Simak Video "Intip Latihan Perdana PSM Jelang Shopee Liga 1 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com