sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 30 Jul 2020 14:25 WIB

Shopee Liga 1: Banyak Klub Bermarkas di Yogya, jika Ada yang Nobar?

Jauh Hari Wawan S - detikSport
Logo Liga 1 2020, Logo Liga 1 Shopee Liga 1: Banyak Klub Bermarkas di Yogya, jika Ada yang Nobar? (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Sleman -

Dalam lanjutan Shopee Liga 1 2020, sejumlah klub bermarkas di Yogyakarta. Bagaimana jika kemudian ada kelompok suporter yang menggelar acara nonton bareng alias nobar?

Lanjutan Shopee Liga 1 2020 dipastikan digelar tanpa penonton di stadion. Tapi itu tak menjamin tak ada kerumunan suporter saat pertandingan. Bahkan ada kekhawatiran saat suporter tidak bisa mendukung tim secara langsung di stadion, mereka malah nobar.

Tentunya hal itu menciptakan kerumunan baru saat pandemi Corona. Apalagi mengingat beberapa tim besar memilih homebase di Yogyakarta.

Terkait hal tersebut, Sekda Kabupaten Sleman Harda Kiswaya mengatakan pihaknya tidak mempermasalahkan jikanada kelompok suporter yang menggelar nobar. Tapi ada syaratnya.

"Pendapat saya, kalau ada nobar itu ya tidak masalah. Silakan saja. Tapi asal diatur sesuai protokol COVID-19. Contohnya kasih jarak dan lain sebagainya," kata Harda kepada wartawan, Kamis (30/7/2020).

"Kalau bisa jangan dilarang, tapi diatur," tegasnya.

Dia percaya suporter tim di Indonesia bisa tertib. Pelarangan, menurutnya, justru bisa berdampak negatif.

"Sebenarnya teman-teman (suporter) itu kalau diminta tertib ya tertib, tinggal pendekatanya seperti apa. Yang penting atur jaraknya, rapat-rapat seperti ini saja bisa kok, nobar orang 50 diatur kan bisa," bebernya.

Lebih lanjut, sebagai salah satu wilayah yang menjadi homebase bagi tim luar Jawa, Harda mengatakan mendukung penuh pelaksanaan Shopee Liga 1 2020. Menurutnya bergulirnya komoetisi tertinggi di Indonesia ini bisa menghidupkan kembali roda ekonomi meski pertandingan digelar tanpa penonton.

"Ini sesuatu yang harus kita syukuri, Sleman ditunjuk itu. Sebab bisa menghidupkan ekonomi walaupun tanpa penonton," tutupnya.

Sebagaimana diketahui, Shopee Liga 1 2020 rencananya akan dilaksanakan pada 1 Oktober 2020 mendatang. Kompetisi ini nantinya di gelar tanpa penonton karena pandemi COVID-19. Seluruh pertandingan akan dipusatkan di pulau Jawa.

Yogyakarta akan menjadi kandang enam tim saat Shopee Liga 1 2020 lanjut lagi pada Oktober 2020. Satu tim asal DIY, PSS Sleman. Lima lainnya dari luar Yogyakarta, PSM Makassar, Bali United, Persija Jakarta, Persiraja Banda Aceh, dan Borneo FC.



Simak Video "Dalam 20 Hari, Polisi Tangkap 10 Pelaku Curanmor di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com