sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 04 Agu 2020 14:32 WIB

Trio Pemain Asing Persib Masih di Luar Negeri, Perlu Swab Test Lagi?

Yudha Maulana, Yudha Maulana - detikSport
Persib Bandung Pemain asing Persib Bandung, Geoffrey Castillion, saat menjalani swab test beberapa waktu lalu. (Foto: detikcom/Yudha Maulana)
Bandung -

Trio pemain asing Persib Bandung disebut tak perlu swab test lagi kalau datang dari luar negeri. Apa alasannya?

Dokter tim Persib Bandung Rafi Ghani yang bilang tiga pemain asing yang masih berada di luar negeri tidak perlu dites usap (swab test) kembali begitu tiba di Kota Bandung. Ia meyakini, para pemain tersebut telah mengantongi surat keterangan bebas COVID-19 dari masing-masing negaranya.

Seperti diketahui, tiga legiun asing masih berada di kampung halamannya masing-masing. Mereka adalah Wander Luiz, Omid Nazari dan Geoffrey Castillion. Belum diketahui pasti kapan mereka akan bergabung, meski wacana latihan dan persiapan jelang kelanjutan Shopee Liga 1 2020 sudah mulai mencuat.

"Mereka tidak perlu tes lagi, karena sudah berbekal tes swab-nya, memang keharusan masuk ke Indonesia untuk WNA harus ada swab testnya. Sudah cukup kuat, sekarang saya lagi berpikir supaya nanti beberapa minggu kita evaluasi (terjadwal), per 2 atau 3 minggu," ujar Rafi, Selasa (4/8/2020).

Sebelumnya, manajemen Persib Bandung memberlakukan pemeriksaan tes usap kepada setiap para penggawa Maung Bandung. Selain ketiga pemain tersebut, masih ada tiga pemain lainnya yang belum dilakukan tes usap. Mereka adalah Supardi Nasir, Victor Igbonefo dan Zulham Zamrun.

"Kalau Fabiano kan pulang dari Brazil dia bawa suratnya, sudah ada cuma yang untuk tiga orang lainnya Supardi, Zulham dan Victor nanti kita lihat. Kemungkinan kita lakukan pemeriksaan swab test, sama Supardi baru bicara secara lisan, tapi bua Zulham sama Victor belum ketemu," tuturnya.

Rafi mengatakan, semua pemain, pelatih dan ofisial yang dites usap memunculkan hasil yang menggembirakan. Semua dinyatakan negatif COVID-19. "Terus saya juga merasa sedikit gembira karena pada saat mereka latihan mandiri, dan pada saat hampir 90 pesen kumpul bersama kita lakukan swab test hasilnya negatif," ujarnya.

"Kondisi sampai saat ini karena mereka semua dapat latihan mandiri dari pelatih, dan assisten pelatih terus secara kesehatan selalu dipantau sampai saat ini tidak ada keluhan apa-apa," kata Rafi melanjutkan.

Sementara itu, pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts berharap latihan bersama dalam waktu dekat ini bisa diikuti oleh seluruh pemain.
"Kami sudah melakukan pembicaraan dengan pemain yang masih berada di luar negeri tentang latihan perdana. Saya ingin mereka sudah mempersiapkan dan tim berlatih dengan pemain yang lengkap," ujar Robert.

"Tentunya kami ingin semua terkonfirmasi dengan jelas. Apalagi soal protokol kesehatan dalam latihan. Itu hal yang sangat penting bagi kami dalam situasi seperti saat ini," kata dia lagi.



Simak Video "Hadapi Persib Bandung, PSM Makassar Bawa 23 Pasukan"
[Gambas:Video 20detik]
(yum/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com