sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 05 Agu 2020 20:10 WIB

Sudah Minta Second Opinion Tes COVID-19, Timnas Latihan Jumat Besok

Muhammad Robbani - detikSport
Timnas Indonesia melakukan sesi latihan ketiga di Lapangan Madya, Jakarta, Senin (17/2/2020). Latihan dipimpin langsung oleh Shin Tae Yong. Timnas Indonesia dijadwalkan latihan lagi, Jumat (7/8/2020)Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

PSSI menetapkan 7 Agustus 2020 sebagai jadwal baru pemusatan latihan Timnas Indonesia. Keputusan diambil sesuai permintaan second opinion dari Shin Tae-yong.

Dalam dunia medis, second opinion adalah meminta pendapat atau rujukan dari dokter/rumah sakit berbeda. Dalam hal ini, Shin Tae-yong yang merupakan pelatih Timnas Indonesia ingin hasil swab test para pemain juga dilakukan dengan rumah sakit lain.

Swab test sebenarnya sudah digelar sebanyak tiga kali untuk para pemain, tim pelatih, hingga staf PSSI. Swab test sebelumnya dilakukan oleh para tenaga medis dari Royal Progress di Hotel Fairmont.

Rumah Sakit Royal Progress adalah mitra PSSI khususnya dalam bidang kesehatan. Sementara Hotel Fairmont adalah lokasi menginap selama pemusatan latihan Timnas Indonesia dan Timnas Indonesia U-19.

"Saya ingin memastikan seluruh pemain tidak terkena COVID-19 sebelum memulai latihan di lapangan. Kami juga meminta tim medis untuk melakukan second opinion (swab test lagi) ke rumah sakit lainnya," kata Shin Tae-yong, dikutip dari laman resmi PSSI.

"Selain itu, ada beberapa pemain dari Eropa yang baru bergabung (David Maulana, Brylian Aldama, Egy Maulana, Elkan Baggot). Tentu mereka harus melakukan penyesuaian terlebih dahulu. Kami ingin semua pemain harus steril," ujarnya menambahkan.

PSSI melalui Ketua Tim Medis, dr Syarif Alwi, berjanji akan memenuhi permintaan second opinion dari Shin Tae-yong. Namun tak diungkapkan rumah sakit mana yang dipilih PSSI sebagai rujukan untuk menggelar swab test lanjutan.

Tak disebutkan juga kapan pelaksanaan swab test untuk fase second opinion mendatang. Yang jelas itu sudah harus dilakukan dalam waktu dekat mengingat penetapan jadwal baru pemusatan latihan pada 8 Agustus.

"Kami sudah berkoordinasi dengan rumah sakit rujukan COVID-19 yang diminta oleh pelatih dan menunggu arahan selanjutnya dari federasi," tutur Syarif Alwi.

Mengingat mepetnya jadwal baru pemusatan latihan Timnas Indonesia pada 8 Agustus dengan swab test lanjutan, yakin tak molor lagi nih, PSSI?



Simak Video "PSSI Ancam Pecat Shin Tae-yong, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com