sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 20 Agu 2020 14:10 WIB

Ramai Wacana Pemain Naturalisasi untuk Timnas U-19 di Liga 1

Muhammad Robbani - detikSport
Dua pemain calon naturalisasi Thiago Apolina Pereira dan Maike Henrique Irine De Lima merapat ke Persija Jakata. Thiago Apolina Pereira dan Maike Henrique Irine De Lima dua pemain naturalisasi yang merapat ke Persija Jakarta. (Foto: dok.Istimewa)
Jakarta -

Pemain-pemain calon naturalisasi bermunculan sebelum kompetisi Shopee Liga 1 2020 dilanjut. Ada yang ke Persija Jakarta, Madura United, hingga Arema FC.

Persija kedatangan Thiago Apolina Pereira dan Maike Henrique Irine De Lima. Arema FC datangkan Hugo Guilherme Corre Grillo dan Pedro Henrique Bartoli. Sementara Madura United sudah mengindikasikan akan melakukan hal yang sama.

Yang menarik Maike Henrique dan Pedro Henrique Bartoli sebelumnya sudah pernah muncul dalam presentasi PSSI dalam Webinar bersama IDN Times. Saat itu nama Maike dan Pedro disebut bakal dinaturalisasi oleh PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021.

Selain Maike dan Henrique, ada juga nama Leozao TB yang dipresentasikan PSSI. Bisa saja Leozao adalah sosok yang dimaksud Madura United sebagai 'Calon Pemain Timnas U-20'.

[Gambas:Instagram]

Presentasi saat itu dilakukan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pada 10 Juli lalu. 'Cara-cara Luar Biasa' dipresentasikan Mochamad Iriawan sebagai upaya PSSI meraih prestasi di Piala Dunia U-20.

Terkait kabar naturalisasi pemain-pemain asal Brasil itu, cuma Persija yang tak terbuka. Arema dan Madura United sudah mengakui bahwa pemain baru mereka adalah proyek buat Timnas U-19 di Piala Dunia U-20 mendatang.

"Tanpa bermaksud mengurangi rasa hormat kita kepada para pemain lokal di Timnas, adanya investasi jangka panjang pemain pemain asing ini diharapkan juga ada transfer pengetahuan, skill antar pemain asing dan lokal. Dampaknya pasti akan positif dan kelak akan dirasakan terjadi peningkatan kualitas," kata General Manager Arema Ruddy Widodo dalam rilis resminya.

Sementara Persija cuma menyebut dua pemain baru asal Brasil berstatus trial. Minimnya informasi soal perekrutan dua pemain itu menimbulkan banyak pertanyaan karena slot pemain asing Macan Kemayoran sudah penuh.

Saat ini Persija sudah punya Rohit Chand, Marco Motta, Marc Klok, dan Marko Simic. Tentu posisi empat pemain asing itu tetap aman jika dua pemain yang baru datang akan dinaturalisasi.

"Melihat perkembangan situasi dan kondisi yang terjadi, maka kami memutuskan untuk mencoba menambah amunisi pemain asing untuk melengkapi komposisi tim," kata Presiden Persija Mohamad Prapanca soal dua pemain asing baru.

"Apakah kami pakai semua, atau salah satu saja? tentu tergantung dengan situasi dan kondisi serta kebutuhan dari tim," ucapnya lagi.



Simak Video "Timnas U-19 Bantai Makedonia Utara 4-1"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com