sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 20 Agu 2020 15:10 WIB

Arema FC: Dua Pemain Brasil Baru Bukan Cuma Buat Piala Dunia U-20

Muhammad Robbani - detikSport
Hugo Guilherme Corre Grillo dan Pedro Henrique Bartoli berlatih di Arema FC. Hugo Guilherme Corre Grillo dan Pedro Henrique Bartoli berlatih di Arema FC. (Foto: dok.Instagram @aremafcofficial)
Jakarta -

Arema FC bicara soal dua pemain muda asal Brasil yang kabarnya akan dinaturalisasi. Mereka adalah Hugo Guilherme Corre Grillo dan Pedro Henrique Bartoli.

Manajemen klub mengakui ada tawaran investasi jangka panjang untuk merekrut pemain-pemain muda untuk dinaturalisasi. Hal itu sejalan dengan niatan PSSI yang ingin meraih prestasi di Piala Dunia U-20 2021.

Nama Pedro Henrique Bartoli sudah pernah dimunculkan PSSI dalam presentasinya terkait persiapan Piala Dunia U-20. Pedro adalah salah satu dari tiga pemain asal Brasil yang tengah dibidik PSSI untuk memperkuat Timnas U-19 Indonesia di Piala Dunia U-20.

"Brasil adalah salah satu negara produsen pemain berkualitas. Kebetulan, Arema FC mendapatkan tawaran untuk merekrut pemain pemain muda dari sana," kata General Manager Arema Ruddy Widodo dalam rilisnya.

"Dan mereka juga sangat berkeinginan untuk menerpa kompetisi di usia muda di Indonesia. Maka, kami menyambutnya. Ini bagian dari investasi jangka panjang," ujarnya menambahkan.

Ruddy Widodo menambahkan, kedatangan dua pemain calon naturalisasi bukan hanya untuk kepentingan Timnas U-19 semata. Kehadiran mereka diharapkan juga mampu memberikan transfer ilmu kepada para pemain lokal.

Selain Arema, langkah serupa juga dilakukan Persija Jakarta dan Madura United. Persija sudah mendatangkan Thiago Apolina Pereira dan Maike Henrique Irine De Lima. Sedangkan Madura United sudah mengindikasikan akan melakukan hal yang sama.

Di sisi lain, catatan kiprah dua rekrutan Arema tak banyak tersaji. Di laman Ogol misalnya yang menyimpan banyak database pemain Brasil, nama Pedro Henrique tak punya catatan pernah bermain di klub mana.

Sementara di rilis Arema FC, Pedro disebut sebagai striker klub GD Chaves U-19 yang berkompetisi di Portugal Liga Juniores U-19 musim 2019-2020. Sedangkan Hugo Gilherme Correa Grillo sebelumnya merumput di Cuiaba Esporte Clube U-20 pada Copa do Brasil U-20 dan Sao Paulo Youth Cup.

"Investasi pemain asing muda ini penting, untuk merangsang pembinaan usia dini agar menciptakan iklim persaingan yang kompetitif. Selain itu, klub dapat mengelola pemain yang bersangkutan menjadi aset klub yang berharga nantinya saat menghadapi musim rekrutmen pemain baru," ujarnya," tutur Ruddy Widodo.

"Momentum menyambut Piala Dunia U-20 tahun depan, ini juga merangsang persaingan para pemain pemain muda, tidak hanya dari luar Indonesia yang berkeinginan meniti karier di Indonesia, karenanya diharapkan kondisi ini menciptakan persaingan yang berkualitas yang mampu merangsang para pemain lokal," ucapnya lagi.

Sebelumnya PSSI juga sudah menyiapkan agar lanjutan Shopee Liga 1 2020 menjadi ajang pemanasan buat para pemain muda sebelum tampil di Piala Dunia U-20. Salah satu caranya dengan regulasi wajib memainkan pemain U-20.

Pada akhirnya PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) tak jadi menerapkan hal itu. Pemain U-20 cuma wajib disertakan dalam daftar susunan pemain, namun tak wajib dimainkan.



Simak Video "PSSI Sebut 6 Stadion Piala Dunia U-20, di Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com