sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 12 Sep 2020 16:30 WIB

Tak Kunjung Latihan, PSM Makassar Diharapkan Tetap Ikuti Shopee Liga 1

Muhammad Robbani - detikSport
PSM Makassar PSM Makassar diharapkan tetap mengikuti Shopee Liga 1 2020. (Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

PSM Makassar belum juga menggelar persiapan hingga tiga pekan jelang lanjutan Shopee Liga 1 2020. PT Liga Indonesia Baru (LIB) berharap Juku Eja tetap berpartisipasi.

Komitmen PSM untuk ikut lanjutan Liga 1 pun mulai dipertanyakan. Menanggapi hal itu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengaku tak mendapat info apapun dari PSM.

PT LIB mengaku tak bisa memaksa PSM untuk segera memulai latihan karena enggan ikut campur. Lagi pula PT LIB merasa tak punya hak untuk mengatur klub, karena penentuan waktu latihan merupakan wewenang masing-masing klub.

"Soal PSM Makassar belum latihan, memang belum ada komunikasi dengan kami. Masing-masing klub punya program," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada wartawan.

"Kalau secara komunikasi, memang ada soal administrasi memang jalan terus. Soal latihan, kami tidak ikut campur. Mudah-mudahan dalam waktu dekat mereka akan melakukan latihan," ujarnya menambahkan.

PT LIB hanya bisa berharap klub yang bermarkas di Stadion Andi Mattalatta itu segera memulai latihan. Dengan demikian mereka akan ikut lanjutan Shopee Liga 1 yang rencananya bakal kick off pada 1 Oktober mendatang.

"Tentunya, kami harus bertanya lagi (ke PSM). Wartawan boleh tanya ke PSM Makassar langsung. Yang jelas tidak ada konfirmasi apapun terkait ketidakikutsertaan PSM Makassar di Shopee Liga 1. Seluruh klub saya kira komitmen untuk tampil di Shopee Liga 1," ucap Akhmad Hadian.

Berbagai spekulasi tentang PSM pun muncul; mulai dari permasalahan internal, penunggakan gaji, hingga menarik diri dari kompetisi. detikSport yang mencoba mengonfirmasi kabar ini pun tak direspons oleh CEO Munafri Arifuddin.

Sementara salah satu pemain asingnya, Hussein Eldor, sudah menunggu panggilan latihan dari klubnya. Pemain asal Lebanon itu masih ingin melanjutkan kariernya di Shopee Liga 1.

"Soal itu lebih baik kamu tanya ke klub. Jika saya mengatakan sesuatu bisa menjadi masalah nanti. Jadi tanya ke klub saja, maaf. Saya masih mau lanjut (main buat PSM). Saya masih menunggu kabar dari klub," kata Hussein Eldor kepada detikSport, pada awal September ini.

Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim, sempat menyatakan bahwa timnya hanya akan menggelar latihan setelah jadwal kompetisi keluar. Kenyataannya, jadwal kompetisi sudah disosialisasikan dan disebar ke klub sejak awal September ini.

"Selalu timbul pertanyaan kenapa PSM belum latihan, sebenarnya kami menetapkan jadwal latihan itu setelah jadwal liga keluar. Jadi begitu jadwal liga keluar, (jadwal) kick-off sudah ada, barulah kami menentukan latihan. Jadi kami membuat perencanaan yang terstruktur," kata Sulaiman, Jumat (4/9/2020).



Simak Video "Intip Latihan Perdana PSM Jelang Shopee Liga 1 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com