sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 17 Sep 2020 13:51 WIB

Carlos Oliveira Dikontrak Arema FC dengan 'Harga Pandemi'

Muhammad Aminudin - detikSport
Carlos Oliveira, pelatih Arema FC Carlos Oliveira, pelatih baru Arema FC. (Foto: dok. Arema FC)
Malang -

Arema FC resmi menjadikan Carlos Oliveira sebagai pelatih baru. Sosok bernama lengkap Carlos Carvalho de Oliveira itu rupanya dikontrak dengan 'harga pandemi'.

"Kita bersepakat harga pandemi," ucap General Manager Arema FC Ruddy Widodo saat konferensi pers pelatih baru melalui meeting zoom, Kamis (17/9/2020) siang.

Menurut Ruddy, soal harga tentu akan mengekor dari prestasi. Sehingga manajemen sudah menyampaikan kemampuan keuangan untuk mengontrak Carlos, yang menempati posisi pelatih Arema FC sepeninggal Mario Gomez.

"Tentu ada kriteria. Harga mengekor dengan prestasi. Dan kita sudah bersepakat dengan harga pandemi," tuturnya.

Hal termudah, imbuh Ruddy, adalah melihat seseorang dari gelar yang disandang. Tapi bagaimana ilmu yang diberikan seorang guru agar mampu dicerna dengan baik oleh murid juga mesti jadi pertimbangan lain.

"Dalam sepakbola juga sama, ilmu dari pelatih bagaimana mudah dicerna oleh pemain," sambung Ruddy.

Carlos Oliveira, Pelatih Arema FCCarlos Oliveira, pelatih baru Arema FC. Foto: dok. Arema FC

Dalam kontrak pemain maupun pelatih, manajemen Arema FC berpegang pada surat edaran PSSI yang tak membayar penuh pemain dan pelatih karena imbas pandemi COVID-19. Sebelum awal pekan depan, Ruddy menuturkan bahwa manajemen akan mengumpulkan jajaran pelatih. Langkah ini dinilai penting sebelum bergulirnya Liga 1 Shoppe 2020.

"Pengalaman Mario Gomez, sebelum Senin, kita akan kumpulkan pelatih. Setelah itu, kita aksi," tegas Ruddy.

Pria berkaca mata ini menambahkan, Arema sejak awal memiliki tradisi yang terus dipegang kuat yaitu kekompakan. Harapan besar diberikan kepada Carlos Oliveira sebagai pelatih baru, supaya kekompakan bisa tercipta di tim Arema.

"Arema mulai awal, kekompakan jadi dasar semuanya. Jika bisa membangun kekompakan tim, bagaimana dia (Carlos) mengubah tim bisa kompak. Kalau itu sudah terbentuk, pasti akan bagus," pungkas Ruddy.

Menjadi pelatih baru, Carlos Oliveira mengaku sudah memiliki target bagi Arema. Yaitu terus mendapatkan kemenangan hingga mendulang banyak prestasi.

"Saya akan ajari permainan bagus, tentu dengan bekerjasama sama asisten pelatih. Saya datang kesini untuk menang, saya tidak ingin main-main. Saya ingin berprestasi," tegas Carlos Oliveira secara terpisah.

Pelatih kelahiran Sao Paolo, 4 Juji 1961 ini tercatat pernah melatih beberapa klub sepakbola. Becamex Binh Durong, tim sepakbola asal Vietnam, menjadi tim terakhir yang ditangani Carlos Oliveira pada tahun 2019 lalu sebelum kini menangani Arema FC.

(krs/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com