sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 18 Sep 2020 10:57 WIB

Timnas U-19 Kalahkan Qatar, Pemain: Terima Kasih Ketum PSSI

Kris Fathoni W - detikSport
Timnas Indonesia U-19 Timnas U-19 Kalahkan Qatar, Pemain: Terima Kasih Ketum PSSI. (Foto: dok. PSSI)
Jakarta -

Tim nasional Indonesia U-19 berhasil meraih kemenangan 2-1 dalam laga uji coba lawan Qatar. Salah satu pemain Garuda Muda pun berterima kasih ke Ketum PSSI Mochamad Iriawan.

Di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Kamis (17/9/2020) malam WIB, skuad Shin Tae-yong ketinggalan lebih dulu lewat gol dari Jassim Al-Mehairi. Golnya di menit ke-12 itu bikin Qatar unggul 1-0.

Namun, timnas U-19 dengan cepat berhasil menyamakan kedudukan. Keunggulan Qatar cuma bertahan sekitar enam menit, setelah eksekusi penalti Brylian Aldama bikin skor jadi 1-1.

Timnas U-19 melengkapi comeback atas Qatar tersebut lewat gol kedua yang dicetak oleh Mochammad Supriadi. Ia sukses mengirim bola ke gawang yang sudah kosong usai menerima umpan silang Beckham Putra, untuk memastikan kemenangan Garuda Muda.

"Alhamdulillah kami mengapresiasi kemenangan timnas U-19 melawan Qatar. Pemain bermain bagus dan bekerja keras untuk meraih hasil yang maksimal," kata Ketum PSSI Mochamad Iriawan di situs resmi PSSI, mengomentari hasil tersebut.

"Tadi kami memberikan suntikan semangat kepada pemain saat jeda babak pertama. Saya telepon pemain dan pelatih untuk memberikan motivasi. Hasilnya luar biasa timnas U-19 mampu menang," ucap pria yang akrap disebut Iwan Bule tersebut.

Masih merujuk ke artikel di situs PSSI, Mochammad Supriadi si penentu kemenangan timnas U-19 juga mengucapkan apresiasi kepada Mochamad Iriawan.

"Terima kasih kepada Ketua Umum PSSI yang selalu memberikan semangat, motivasi dan mendukung kami (timnas U-19). Hari ini kami bermain kompak dan kerja keras," kata Supriadi.

Peran Besar Shin Tae-yong

Mochamad Iriawan boleh jadi ikut berperan dalam kemenangan timnas U-19 atas Qatar lewat telepon penyemangatnya saat half time. Tapi peran serta Shin Tae-yong selaku peracik taktik juga mesti digarisbawahi.

Sejauh ini hasil polesannya di timnas U-19 memperlihatkan peningkatan dalam rangkaian pertandingan uji coba di Kroasia. Sebelumnya Garuda Muda sudah melakoni tiga kali laga uji coba yakni melawan Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), dan Arab Saudi (3-3).

Nyaris sepanjang pertandingan timnas Indonesia U-19 mampu memperlihatkan intensitas tinggi dalam melakukan pressing tinggi buat Qatar. Hal ini tak ayal bikin lawan kelabakan.

Selewat satu jam waktu permainan, intensitas para pemain timnas U-19 memang relatif mengendur. Tapi pressing masih tetap dilakukan dengan cerdik, berpadu dengan strategi menunggu. Qatar pun jadi banyak memainkan umpan-umpan panjang.

Tak heran warganet ramai-ramai mengapresiasi performa para pemain timnas U-19 usai kemenangan atas Qatar tersebut, menyoroti strategi high pressing yang diterapkan Shin Tae-yong ke para pemainnya.

Strategi itu sendiri, salah satunya, berpotensi menguras fisik para pemain. Boleh jadi pula itu yang membuat Shin Tae-yong sedemikian menempa fisik para pemain timnas U-19 dalam pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Sampai-sampai ada pemain yang sampai pingsan.

Timnas Indonesia U-19 sendiri masih akan menjalani laga uji coba kedua lawan Qatar di hari Minggu (20/9/2020). Setelah itu skuad Shin Tae-yong bakal menghadapi Bosnia dan Herzegovina, Jumat (25/9), dan Dinamo Zagreb, Senin (28/9).

(krs/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com