sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 18 Sep 2020 17:49 WIB

PSBB, PSBM, dan Zona Merah: Bagaimana Kandang Klub Shopee Liga 1?

Muhammad Robbani - detikSport
Logo Liga 1 2020, Logo Liga 1 PSBB, PSBM, dan Zona Merah: Bagaimana Kandang Klub Shopee Liga 1? (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Perihal home base klub-klub Shopee Liga 1 2020 akan dibahas PT Liga Indonesia Baru (PT LIB). Itu terkait aturan PSBB dan PSBM di beberapa wilayah di Tanah Air.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), misalnya, yang membuat Bhayangkara FC dan Persija Jakarta terpaksa keluar dari ibu kota untuk sekadar latihan. Bahkan Bhayangkara diminta oleh PT LIB untuk mencari stadion lain sebagai alternatif Stadion PTIK sebagai kandang.

Sementara Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) di Jawa Barat sejauh ini belum memberikan dampak buat Tira Persikabo dan Persib Bandung. Kedua klub masih menjalani kegiatan latihannya tanpa terhalang aturan tersebut. Meski begitu, kedua klub sempat berencana beruji coba di Bogor, namun batal karena aturan PSBM.

Bukan tidak mungkin status PSBM akan ditingkatkan di waktu-waktu yang akan datang sehingga berpotensi menyulitkan kedua klub. Jika itu terjadi, jadwal dan berjalannya kompetisi Shopee Liga 1 2020 tentu akan terimbas.

Selain itu, klub-klub Shopee Liga 1 2020 juga banyak yang berkandang di Yogyakarta dengan Stadion Maguwoharjo dan Stadion Sultan Agung menjadi pilihannya. Di satu sisi, kini beberapa wilayah di Yogyakarta dikategorikan masuk ke dalam zona merah.

Untuk itu, PT LIB akan kembali membahas masalah homebase klub-klub Shopee Liga 1 2020 dalam Manager Meeting pekan depan. Bisa saja, PT LIB yang akan menunjuk stadion pilihan mereka kepada klub-klub yang terancam tak bisa bermain di tempat asalnya.

"Senin besok akan ada acara Manager Meeting, PT LIB akan membahas berbagai hal dengan klub-klub termasuk homebase masing-masing," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada detikSport.

Selain Bhayangkara yang terdampak aturan PSBB, kini muncul masalah lain. Madura United kabarnya ditolak Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk bermarkas di Stadion Gelora Delta.

Hal itu diketahui dari surat edaran Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo, yang dikeluarkan pada hari Kamis (17/9/2020). Persebaya Surabaya dan Bhayangkara juga dikabarkan berkandang di sana.

Pemkab Sidoarjo merasa masih kewalahan untuk menangani wabah COVID-19 di wilayahnya. Keputusan itu juga diambil setelah menggelar diskusi dengan akademisi Universitas Airlangga Surabaya.

Gelora Delta Sidoarjosurat edaran Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo. Foto: istimewa

"Kami belum mendengar (penolakan Pemkab Sidoarjo). Senin besok akan kami diskusikan dan dipastikan. Manager's Meeting digelar tatap muka di Bandung," ujar Akhmad Hadian.

Manager's Meeting adalah rangkaian terakhir pra-kompetisi sebelum dilanjutkannya Shopee Liga 1 2020 yang rencananya akan kick off mulai 1 Oktober. Sebelumnya PT LIB telah merampungkan kegiatan pra-kompetisi lainnya yakni Medical Workshop pada, Rabu (16/9).

(krs/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com