sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 24 Sep 2020 21:05 WIB

Tak Bisa Pakai Gajayana, Persipura Ingin Pindah ke Kanjuruhan

Mohammad Robbani - detikSport
Persipura Jayapura Persipura Jayapura tak bisa berkandang di Stadion Gajayana di sisa Shopee Liga 1. (Foto: detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta -

Persipura Jayapura tak diizinkan Pemerintah Kota Malang berkandang di Stadion Gajayana. Sebagai gantinya, manajemen klub mengincar Stadion Kanjuruhan.

Pemkot Malang mengirimkan surat ke manajemen Persipura pada, Rabu (23/9/2020), bahwa Stadion Gajayana bakal direnovasi. Pemberitahuan ini terbilang mendadak menjelang bergulirnya Shopee Liga 1 2020.

Persipura sendiri dijadwalkan akan memainkan laga pertamanya alias pekan keempat dengan menjamu Persija Jakarta. Laga itu rencananya akan digelar pada 3 Oktober.

"Sebenarnya kami sejak 14 Agustus sudah bersurat ke Walikota Malang untuk penggunaan Stadion Gajayana Malang, tapi baru mendapatkan jawaban dari Pemkot Malang bahwa Stadion Gajayana tidak bisa dipakai," kata Sekretaris Umum Persipura Jayapura Rocky Babena dalam rilis PT Liga Indonesia Baru (LIB).

"Alasannya mau direhab dalam waktu dekat ini. Kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Walikota Malang, semoga lain kali kami bisa diberikan kesempatan lagi," ujarnya menambahkan.

Merespons larangan berkandang di Gajayana, Persipura langsung bergerak. Mereka berharap tak pindah jauh-jauh dari Malang dan mengurus izin berkandang di Stadion Kanjuruhan, di Kabupaten Malang.

Mutiara Hitam berharap tak mendapat halangan untuk mendapat izin bermain di Kanjuruhan. Mereka akan berdialog dengan Sekretaris Dispora Kabupaten Malang Abdul Haris yang kebetulan juga bertindak sebagai Ketua Panitia Pelaksana pertandingan Arema FC. Di saat yang sama, Arema juga berkandang di Kanjuruhan.

"Kami sudah bersurat, mudah-mudahan segera mendapatkan balasan suratnya sebagai homebase kami. Pada suratnya kami sudah melampirkan jadwal pertandingan," tutur Rocky.

"Lalu kami juga sudah ke Polres menyampaikan juga secara lisan. Nanti setelah kami sudah mendapatkan surat balasan dari Bupati Malang kami akan segera menindaklanjuti surat-surat baik pihak keamanan, kesehatan, dan tempat-tempat berkaitan dengan lapangan latihan ketika tim tamu datang lagi," ucapnya.

"Kami berharap dalam waktu sepekan ini semuanya sudah clear," katanya lagi sekaligus mengakhiri.

Persipura tak seperti banyak klub asal luar Pulau Jawa yang memilih Yogyakarta sebagai kandang alternatifnya. Sebagaimana aturan PT LIB, kompetisi terpusat di Pulau Jawa sehingga klub-klub luar memilih beberapa venue di sana.



Simak Video "Intip Latihan Perdana PSM Jelang Shopee Liga 1 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com