sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 26 Agu 2020 18:03 WIB

Sylvano Comvalius Ungkap Alasan Pamit dari Persipura Jayapura

Muhammad Robbani - detikSport
Sylvano Comvalius Alasan Sylvano Comvalius Pamit dari Persipura Jayapura (@astara_photograph)
Jakarta -

Sylvano Comvalius terpaksa tak melanjutkan kariernya di Indonesia. Pandemi COVID-19 dan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) menjadi penghalang buat keluarganya.

Keputusan tak melanjutkan kontraknya bersama Persipura Jayapura pun diambil. Comvalius menegaskan bahwa itu bukan karena ia kehilangan motivasi melanjutkan karier di Indonesia di tengah situasi pandemi.

Pembatasan masuknya Warga Negara Asing (WNA) terkait kondisi pandemi yang membuat Comvalius mau tak mau mengambil keputusan itu. Apalagi, keluarnya tak memegang KITAS yang menjadi salah satu syarat wajib buat WNA masuk ke Indonesia.

"Tak mudah buat keluarga saya karena tak punya KITAS Indonesia. Jadi mereka tak bisa ikut bersama saya ke Indonesia terkait aturan COVID-19," kata Comvalius kepada detikSport, Rabu (26/8/2020).

Sylvano Comvalius sebenarnya bisa saja meninggalkan istri dan anak-anaknya di Belanda. Namun itu tak bisa dilakukannya karena dua anak terakhir masih sangat kecil.

Pemain yang pernah mengalahkan Schalke bersama Dynamo Dresden tak tega meninggalkan istrinya, Elisa Wilemsen, dalam kondisi seperti itu. Pasangan ini punya tiga anak; Milan Comvalius (11 tahun), Daley Dominique Comvalius (3 tahun), dan Jordan Joah Comvalius (1 tahun).

"Tak mungkin saya meninggalkan istri sendirian dengan kondisi harus merawat dua anak bayi," ujar Comvalius menegaskan.

Melanjutkan karier di Eropa menjadi pilihan paling realistis buat Comvalius. Bermain di klub Eropa akan menjadi pengisi waktu buat Comvalius sambil menunggu waktu yang tepat untuk kembali ke Indonesia.

Sylvano Comvalius, Arema FCSylvano Comvalius kala memperkuat Arema sebelum ke Persipura Jayapura (Rifkianto Nugroho/detikcom)

Ya, pemain asal Belanda itu menargetkan akan kembali bermain di Indonesia lagi setelah kondisi COVID-19 membaik dan direnggangkannya aturan masuk orang asing. Sayang ia tak mengungkapkan apakah sudah ada klub Eropa yang meminatinya.

Andai sudah ada pembicaraan dengan klub Eropa, Comvalius sudah harus menuntaskannya dalam waktu dekat. Itu terkait aturan UEFA yang menetapkan 5 Oktober sebagai hari terakhir penutupan bursa transfer musim panas 2020/2021.

"Saya akan berusaha mencari tim di Eropa yang dekat (dengan Belanda) dan kondisi bagus buat keluarga saya. Semoga musim depan saya sudah bisa kembali ke Indonesia," ucap Sylvano Comvalius.

(aff/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com