sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 01 Okt 2020 11:49 WIB

Shin Tae-yong Masih Cari Best XI Timnas U-19

Muhammad Robbani - detikSport
Timnas Indonesia melakukan sesi latihan ketiga di Lapangan Madya, Jakarta, Senin (17/2/2020). Latihan dipimpin langsung oleh Shin Tae Yong. Shin Tae-yong masih mencari komposisi terbaik Timnas Indonesia U-19. (Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong masih mencari pemain 11 utama. Berbagai latihan dan uji coba di Kroasia belum cukup memberikan gambaran buatnya.

Timnas U-19 sudah 1 bulan lebih menjalani pemusatan latihan di Kroasia sejak tiba akhir Agustus lalu. Uji coba tak ketinggalan dan telah dilakukan sebanyak 11 kali.

Dari setiap laganya, Shin Tae-yong kerap melakukan perubahan dalam susunan 11 pemain utama meski tak banyak. Perubahan besar-besaran cuma terjadi pada laga kontra Bosnia, Jumat (25/9/2020), dimana ia banyak memberikan kesempatan kepada pemain yang belum tampil.

Meski begitu, ia langsung merombak timnya lagi pada babak kedua di laga melawan Bosnia. Hasilnya, terlihat jelas perbedaan kualitas pemain utama dan pemain cadangan.

Beberapa pemain sudah terlihat pilihan utama Shin Tae-yong pada. Mulai dari Adi Satrio di posisi kiper, Rizki Ridho di jantung pertahanan, duo bek sayap Pratama Arhan Alief-Bagas Kaffa di sektor, atau David Maulana sebagai gelandang.

Bisa dibilang cuma di posisi striker yang belum dipatenkan siapa yang bakal menjadi pilihan utama. Irfan Jauhari, Saddam Gaffar, dan Braif Fatari kerap berbagi tempat untuk mengisi dua pos di depan dalam formasi 4-4-2.

"Sebenarnya kami tidak membedakan pemain inti atau pelapis kedua. Kami melihat siapa yang kondisinya bagus dan performanya baik, maka itu yang kami mainkan," kata Shin Tae-yong di PSSI TV.

Sebentar lagi Timnas U-19 akan meninggalkan Kroasia. Namun, itu bukan akhir dari program latihan Timnas U-19 di Kroasia.

Awalnya Timnas U-19 berangkat ke Kroasia sebagai persiapan untuk tampil di Piala Asia U-19 2020. Lalu langsung terbang dari Kroasia ke Uzbekistan sang tuan rumah Piala Asia U-19, namun AFC kemudian menunda ajang itu ke tahun 2021.

PSSI sudah mendengar potensi penundaan Piala Asia U-19 sebelum keberangkatan Timnas U-19 ke Kroasia. Untuk itu mereka pun menyiapkan lokasi latihan alternatif sebagai pengganti Kroasia dimana Turki, Spanyol, dan Portugal menjadi opsi.

Pada akhirnya Turki yang terpilih. Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi sempat mengungkapkan bahwa Timnas U-19 kemungkinan sudah tiba di Turki pada 2 Oktober. Di Turki, Shin Tae-yong masih akan terus memantau pola permainan dan mencari pemain yang akan dipilih sebagai pilihan utama.

"Kami masih dalam proses pencarian siapa yang akan menjadi 11 pemain inti. Secara (lini) keseluruhan kami masih kurang. Meski begitu, cara bermain pemain semakin membaik," tutur pelatih asal Korea Selatan.



Simak Video "Shin Tae-yong Masih Ingin Utak-atik Taktik Timnas U-19"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com