'Persib Bandung Tim Paling Siap Hadapi Lanjutan Shopee Liga 1'

ADVERTISEMENT

'Persib Bandung Tim Paling Siap Hadapi Lanjutan Shopee Liga 1'

Yudha Maulana - Sepakbola
Jumat, 02 Okt 2020 16:25 WIB
Persib Bandung
Persib Bandung disebut paling siap mengarungi Shopee Liga 1. (Foto: dok Persib Bandung)
Bandung -

Persib Bandung disebut sebagai salah satu tim yang paling siap menghadapi Shopee Liga 1 2020. Maung Bandung memang sedang memuncaki klasemen.

Hal itu seperti diungkapkan oleh penggawa Persib, Kim Kurniawan. Sial bagi Persib, Shopee Liga 1 masih belum bisa lanjut lagi karena pandemi virus Corona.

"Kami secara tim sudah siap, menurut saya salah satu tim yang paling siap untuk hadapi lanjutan liga," ujar Kim di Bandung, Jumat (2/10/2020).

Shopee Liga 1 dihentikan saat baru menapaki pekan ketiga, virus Corona yang terus merebak memaksa PSSI memberlakukan status force majeure pada akhir Maret lalu, klub pun menghentikan aktivitasnya sementara.

Sampai akhirnya PSSI membuat aba-aba jika kompetisi akan dimulai lagi pada Oktober, sinyal itu ditanggap Persib dengan memulai latihan kembali pada 10 Agustus lalu. Para pemain pun menjalani tes COVID-19 secara berkala.

Kim membandingkan situasi ini seperti musim 2015 lalu, saat itu QNB League 2015 dihentikan karena PSSI dibekukan oleh FIFA. Liga pun vakum sampai akhirnya otoritas sepakbola dunia itu mencabut sanksi bagi Indonesia.

Kala itu pun Persib baru melewati dua pertandingan. Maung Bandung berturut-turut menundukkan Semen Padang dan Persipasi Bandung Raya (PBR) di Stadion Si Jalak Harupat (SJH).

"Saya lihat waktu QNB kalau enggak salah kita main 2-3 pertandingan, terus dibatalkan liga, tapi alasannya enggak jelas. Nah sekarang, kan ada nyawa yang dipertaruhkan, beda lagi. Kesehatan memang nomor satu, dan kalau mereka tidak bisa menjami kesehatan seluruh masyarakat ya berarti harus dipikirkan ulang karena itu demi keselamatan kita," ujarnya.

"Saya pikir dengan protokol kesehatan dan lain-lain bisa dijalani (kompetisi) seperti di luar negeri , dan kalau ternyata tidak bisa ya kami harus bisa menerima dan walaupun kita sudah kangen bermain ya, tapi enggak ada di tangan kita (keputusannya), pasrah," pungkas Kim.

Meski demikian, Kim mengambil sisi positif dari ditunda liga ini. Ia jadi memiliki waktu pemulihan yang lebih panjang dari cedera punggung yang membekapnya sejak satu bulan terakhir. Persib pun diliburkan sepekan setelah liga resmi ditunda.

"Jadi sisi positifnya saya Persib kan diliburkan satu minggu jadi bisa fokus latihan individual saya, sehingga saat saya gabung latihan mudah-mudahan bisa langsung latihan dengan tim," ucapnya.

Persib masih sempurna dalam tiga laga di Shopee Liga 1. Persela Lamongan, Arema FC, dan PSS Sleman yang berhasil dikalahkan Persib, tim asihan Robert Rene Alberts ada di peringkat 1 klasemen Shopee Liga 1 dengan raihan 9 angka.

(yum/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT