sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 15 Okt 2020 02:00 WIB

Peresmian Venue PON XX Batal Sajikan Persipura Vs PON Papua

Mercy Raya - detikSport
Penampakan Megahnya Istora Papua Persemian venue PON 2020 batal memainkan PON Papua vs Persipura Jayapura. (Foto: Dok. PT PP (Persero)
Jakarta -

Rencana Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) menyajikan Persipura Jayapura vs PON Papua saat peresmian venue batal. Manajemen Mutiara Hitam tak memberi izin.

Kepastian pembatalan itu disampaikan oleh Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda. Semula memang panitia berharap tim Persipura bisa uji coba dengan tim PON, tapi manajemen mereka tidak mengizinkan.

"Oleh Ketua Umum Persipura Benhur Tomi Mano dikatakan bahwa setelah mempertimbangkan beberapa faktor dalam rapat internal manajemen klub, dengan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, pengurus Persipura Jayapura belum bisa memenuhi permohonan KONI Papua untuk menggelar laga ujicoba tim PON Papua dengan Persipura Jayapura," begitu bunyi dalam laman resmi PON Papua.

Yunus lantas menjelaskan bahwa PB PON kini telah mengundang tim PON Jawa Timur sebagai pengganti dan bersedia bertanding.

"Mereka (Jawa Timur) siap, kami sudah lakukan komunikasi dan mereka sangat bersedia main di stadion kapasitas 43 ribu orang itu, sehingga kami akan siapkan semua kebutuhannya selama berada di Jayapura," jelasnya.

"Duel kedua tim ini pasti menarik, kedua tim pernah menjadi juara sepakbola PON, dan bahkan calon juara PON XX tahun depan," dia menambahkan.

Sementara itu, Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya, mengapresiasi uji coba ini apalagi Jawa Timur bakal menjadi rival timnya di PON ke-20 nanti.

"Laga uji coba sepakbola PON Papua vs Jawa Timur bagus untuk kita melihat sejauh mana kesiapan Papua yang sudah melakukan pemusatan latihan selama satu tahun ini," jelasnya.

Peresmian venue PON dijadwalkan berlangsung 20 Oktober 2020 di Stadion Papua Bangkit. Peresmian juga akan menjadi saksi inisiasi penyematan nama Stadion Lukas Enembe serta hitung mundur multiajang olahraga nasional empat tahunan tersebut.



Simak Video "Jokowi Tunda Pelaksanaan PON Papua 2020 ke Oktober 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com