sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 15 Okt 2020 06:50 WIB

Manajer PSS Pesimistis Shopee Liga 1 Digelar November

Jauh Hari Wawan S - detikSport
Asisten pelatih PSS Sleman, Danilo Fernando Danilo hanya berharap mukjizat agar Shopee Liga 1 bisa bergulir di bulan November. Foto: (Jauh Hari Wawan S/detikSport)
Sleman -

Manajer PSS Sleman Danilo Fernando pesimis Shopee Liga 1 2020 bisa bergulir pada 1 November mendatang. Ia tak yakin polisi akan memberi izin di masa kampanye Pilkada 2020.

"Kita rasa itu (izin) agak berat karena terbentur dengan kampanye Pilkada, dan pengalaman kami selama ada Pilkada memang agak sulit. Tapi mudah-mudahan ada mukjizat, kita harap ada perubahan dan izinnya bisa turun," kata Danilo kepada wartawan, Rabu (14/10/2020).

Legenda Persik Kediri ini mendesak PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk segera memberikan kepastian kapan liga bergulir. Hal ini disebabkan tim pelatih harus menyusun program latihan untuk pemain.

"Saya bicara dengan Bos Marco (Gracia Paulo, Direktur PSS), kita intensif bicara dengan PSSI kita berharap sampai hari Sabtu (17/10) sudah ada kepastian. Mudah-mudahan ada kepastian," ungkapnya.

"Kalaupun untuk tanggal 1 November agak sulit izinnya, mungkin (PSSI dan PT LIB) sudah punya gambaran kapan bisa (bergulir). Supaya kita bisa merancang program dengan pelatih dan pemain supaya ada juga untuk libur."

Pada dasarnya, kontestan Shopee Liga 1 telah punya sejumlah alternatif jika kompetisi tidak jadi bergulir pada November mendatang, yaitu kompetisi diundur pada bulan selanjutnya atau format kompetisi diubah.

Akan tetapi, Danilo menganggap selama masih ada kampanye Pilkada, menggelar liga pada bulan November menjadi hal yang sulit. Menurutnya paling cepat liga bisa kembali bergulir usai pelaksanaan Pilkada 9 Desember mendatang.

"Kami dari manajemen, pengalaman di Indonesia selama ada kampanye ini sulit. Kemungkinan besar (pendapat) saya pribadi paling cepat pertengahan Desember setelah Pilkada," ungkap Danilo.

"Tapi saya harap ada mukjizat di situ. Karena pemain sudah haus ingin main karena latihan selama ini belum pasti tujuannya kemana," pungkas pria berdarah Brasil itu.

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono telah menyatakan bahwa selama pandemi COVID-19 dan Pilkada masih masih berlangsung, pihaknya tak akan menurunkan izin keramaian untuk menggelar Shopee Liga 1.

"Polri kan sudah jelas menyampaikan kalau selama Pilkada-Pandemi tidak akan mengeluarkan izin keramaian," kata Argo, Selasa (13/10) lalu.



Simak Video "Intip Latihan Perdana PSM Jelang Shopee Liga 1 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/adp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com