sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 16 Okt 2020 01:05 WIB

Shopee Liga 1 Belum Jalan, Kim Jeffrey Kini Sibuk Wirausaha

Yudha Maulana - detikSport
Pemain Sepakbola Kim Jeffrey Kurniawan sibuk merintis karier di dunia bisnis. (Foto: Muhammad Ridho)
Bandung -

Gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan, tak mau ambil pusing menghadapi ketidakjelasan jadwal Shopee Liga 1 2020. Alih-alih jadikan beban pikiran, pemain berdarah Indonesia - Jerman itu justru menjadikan kesempatan ini untuk merintis bisnis kuliner yang akan diluncurkannya dalam waktu dekat.

Adik ipar dari pesepakbola Irfan Bachdim ini sedianya telah memiliki dua lini usaha, yakni di bidang clothing dan barbershop. "Betul, ya bisa dibilang untung kemarin-kemarin udah mulai menjalani bisnis dan sekarang juga di tengah mempersiapkan bisnis baru yaitu kuliner," ujar Kim dalam konferensi virtual, Kamis (19/10/2020).

Diakui Kim, pandemi membuat semua hal menjadi tak sama. Diakuinya wabah virus Corona berdampak cukup hebat ke sakunya dari sepakbola, seperti diketahui PSSI mengizinkan tim peserta Liga 1 untuk membayar gaji setengah atau 50% dari nilai kontrak awal. Walau demikian, belum diketahui kapan kondisi ini akan berlangsung sebab kompetisi sudah ditunda dua kali.

"Yang paling terasa paling kita enggak bisa bergerak bebas atau melakukan hal-hal yang kita selalu lakukan. Termasuk menjalani kompetisi, menjalani pekerjaan kita. Jadi kita kan juga bisa dibilang pegawai dan pekerjaan agak terhambat dengan itu," ucapnya.

"Tapi ya, (penyesuaian pendapatan atau gaji) cuman saya pikir setiap sektor sama untuk hal kayak gitu. Ya harus menerima tidak ada pilihan lain selain berharap dan berdoa mudah-mudahan kita kembali ke normal dan kembali ke waktu yang lebih bagus," imbuh eks Persipasi Bandung Raya itu.

Selain mengurus bisnis, masa tunggu kompetisi ini juga akan dimanfaatkan Kim sebagai suami siaga. Pasalnya, istrinya saat ini tengah mengandung bayi pertama mereka. "Selain itu juga menunggu istri lagi hamil, menunggu kelahiran. Jadi ya sebaik mungkin saya dalam situasi sulit ini mengalihkan fokus ke hal penting yang lain yang ada di hidup saya," katanya.

Soal menjaga motivasi di tengah kegamangan sepakbola, Kim hanya bisa pasrah dan terus berlatih. Ia merasa beruntung Maung Bandung tetap menggelar latihan.

"Percuma kami memikirkan, jadi lihat sisi positifnya aja. Kita bisa latihan, kita bisa main bola. Jadi buat saya gak terlalu susah untuk jaga semangat, jaga motivasi karena setiap hari saya bisa lakukan hal yang saya suka, yaitu main bola. Jadi gak terlalu dipikirkan atau terlalu dipermasalahkan," pungkasnya.



Simak Video "Hadapi Persib Bandung, PSM Makassar Bawa 23 Pasukan"
[Gambas:Video 20detik]
(yum/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com