sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 10 Nov 2020 23:40 WIB

Shopee Liga 1 Rehat, Penggawa Persib Mungkin Digoda Klub Luar

Yudha Maulana - detikSport
Robert Rene Alberts Robert Rene Alberts bilang penggawa Persib Bandung mungkin digoda klub luar negeri. (Foto: detikcom/Yudha Maulana)
Jakarta -

Shopee Liga 1 masih rehat karena pandemi virus Corona dan Pilkada 2020. Penggawa Persib Bandung mungkin digoda klub luar negeri.

Persib meliburkan latihan selama dua bulan karena pandemi COVID-19 yang mendesak Shopee Liga 1 ditunda hingga tahun depan. Di tengah masa tunggu itu, bukan tidak mungkin jika seseorang di dalam klub digoda tim lain dari luar negeri.

Pasalnya, kompetisi sepakbola di negara ASEAN lainnya tetap bergulir. Sebut saja Thai League dan Vietnam League 1 2020 yang masih terus berlangsung.

Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts tak menapik kemungkinan itu. Menurutnya bukan mustahil, akan ada klub dari negara lain yang mendekati salah seorang penggawanya.

"Tentunya itu bisa terjadi. Jika pemain mendapatkan tawaran yang bagus, itu tidak mustahil, karena pemain tidak bisa bermain sepakbola di Indonesia untuk saat ini. Jadi selalu ada kesempatan bagi mereka untuk pergi ke negara lain jika ada tawaran kontrak," ujar Robert, Selasa (10/11).

Menurut Robert, sampai saat ini hanya Indonesia satu-satunya negara yang tak menggulirkan sepakbola. Walau demikian, juru taktik asal Belanda itu mencoba memahami situasi, khususnya dari aspek kesehatan dan keselamatan tim.

"Dan tentunya dalam dunia sepakbola profesional, mereka harus melihat itu. Kami juga harus melihat keuntungan dari pemain itu juga. Hanya kami satu-satunya negara yang tidak memainkan kompetisi sepakbola saat ini, jadi semua harus melihat aspek yang berbeda. Bagaimana keuntungan bagi pemain, dukungan dari keluarga untuk karir mereka," katanya.

Meski demkian, Robert yakin para pemain Persib akan tetap setia mengikuti kontrak. Menurutnya, Persib merupakan klub yang profesional.

"Mereka menjaga ucapannya, janji yang mereka berikan. Jadi tidak mudah untuk menemukan klub seperti ini di dunia. Dan kami juga berkomitmen bersama, percaya satu sama lain. Dan saya memberi pesan kepada pemain ketika berpisah hari ini bahwa selama dua bulan tidak bertemu, kami harus tetap saling percaya bahwa kami adalah satu tim," katanya.

"Jadi ketika kembali, semua tetap punya target yang sama. Apapun formatnya nanti, kompetisi di 2021, target kami adalah ingin menjadi juara. Dan kami harus tetap percaya sebagai tim meski tidak bersama-sama," pungkas Robert.

(yum/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com