Umuh Muchtar Banting Setir jadi Peternak Arwana

Yudha Maulana - Sepakbola
Rabu, 11 Nov 2020 21:00 WIB
Umuh Muchtar beternak Arwana
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Umuh Muchtar beternak ikan arwana. (Foto: detikcom/Yudha Maulana)
Jakarta -

Komisaris Persib Bandung Umuh Muchtar mempunyai kesibukan baru saat Shopee Liga 1 rehat. Dia banting setir menjadi peternak ikan arwana.

Kesibukan baru Umuh ini, mulai dilakoninya sejak kompetisi Shopee Liga 1 2020 dihentikan karena pandemi COVID-19. Pria yang identik dengan topi koboi itu, awalnya iseng menjadikan ikan arwana sebagai pereda stres karena absennya kompetisi.

Namun, perlahan ikan arwana yang ia rawat mulai mengundang pundi-pundi uang ke kantongnya. Umuh pun serius mengembangbiakan.

"Awalnya coba-coba, terus banyak juga yang beli. Jadi sama cucu bilang bagus prospeknya. Tadinya laku satu, dua sampai lima, terus aja banyak. Jadi ya sudah beli banyak dan dijual lagi," ujar Umuh kepada wartawan di kediamannya, Rabu (11/11/2020).

Umuh mengatakan, untuk ikan arwana jenis super red tersebut ia beli anakannya dari Bogor dengan harga Rp 4 juta. Rencananya, ia akan membeli 150 ekor untuk dikembangbiakkan kemudian.

"Kenapa memilih arwana, karena enggak pusing perawatannya. Ada kepuasan juga, selain menghilangkan stres juga, jadi tempat nongkrong saya juga sekarang ini. Daripada santai enggak karuan ya seperti inilah," katanya.

Umuh tak menutup kemungkinan, jika bisnis ikan arwana ini bisa berjalan lancar. Di kemudian hari, ia akan beternak ikan hias jenis lainnya. "Tidak menutup kemungkinan, berjalan bagus, ya pasti nambah jenis ikan lain," katanya.

Sebelumnya, para penggawa Persib lainnya pun mulai merambah ke bisnis di tengah masa pandemi ini. Seperti yang dilakukan oleh Kim Kurniawan yang melebarkan sayap ke bisnis fashion.



Simak Video "Kakek Penarik Becak Kehilangan Rp 1 Juta di Masjid, Ini Kata Penjaga"
[Gambas:Video 20detik]
(yum/cas)