sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 12 Nov 2020 17:55 WIB

Format dan Jadwal Shopee Liga 1 Tunggu Kepastian Piala Dunia U-20

Muhammad Robbani - detikSport
Logo Shopee Liga 1 Shopee Liga 1 menunggu kepastian Piala Dunia U-20 2021. (Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

PT Liga Indonesia Baru mengindikasikan lanjutan Shopee Liga 1 2020/2021 tak akan berubah format. Keputusan akhir format dan jadwal masih menunggu nasib Piala Dunia U-20 2021.

Soal ini, PSSI juga belum berpikir untuk menerapkan format baru. Mereka juga masih condong untuk menggelar lanjutan Shopee Liga 1 dengan format kompetisi penuh alias setiap tim menghadapi lawan-lawannya di kandang dan tandang.

Jadi, Shopee Liga 1 yang direncanakan akan lanjut pada Februari tahun depan adalah melanjutkan pertandingan ke pekan keempat. Belum ada rencana untuk membuat format penyesuaian demi menghemat waktu atau menyesuaikan keadaan.

Mengingat Shopee Liga 1 baru berjalan tiga pekan, berarti masih ada 31 pertandingan tersisa. Sementara kompetisi direncanakan jalan selama enam bulan, tepatnya pada Februari-Juli 2021.

"Format kompetisi masih dirumuskan sama tim, masih banyak kemungkinan karena kan ada juga potensi bentrok Piala Dunia (U-20 2021). PSSI kasih saran buat PT LIB untuk membuat jadwal normatif," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita di kantornya, Selasa (10/11/2020).

"Kalau jadwal Piala Dunia sesuai dan on-schedule, kami bisa saja membuat jadwal penundaan (sementara) liga. Ini pesta Indonesia nggak bisa diganggu sama liga. Kayak dulu Indonesia Asian Games beritanya kan harum kemana-mana. Siapa tahu kalau Pildun bagus bisa jadi Piala Dunia Senior,"

Berkaca ke negara-negara tetangga di Asia Tenggara, mayoritas menggunakan format baru saat menjalankan kompetisi domestiknya lagi. Misalnya Filipina atau Myanmar yang menerapkan format bubble alias sentralisasi di satu lokasi.

Sementara Kamboja dan Malaysia memilih format setengah kompetisi. Hanya Singapura dan Thailand yang memilih tetap menggunakan sistem kompetisi penuh.

Sebenarnya masih ada Laos yang juga tetap menggunakan format lama dengan sistem kompetisi satu musim penuh. Namun, kasus COVID-19 di Laos cukup rendah sehingga kompetisi mereka tak menemui hambatan berarti.

Indonesia kemungkinan akan menyusul Singapura, Thailand, dan Laos seandainya rencana menggulirkan kompetisi pada Februari 2021 terealisasi dan tak ada perubahan format. Sejauh ini belum ada kepastian.

PT LIB bisa saja memberikan usulan ke PSSI tentang format terbaik lanjutan kompetisi Shopee Liga 1. Namun, keputusan terakhir tetap menjadi PSSI selaku pengendali sepakbola Indonesia.

"Mudah-mudahan pengumuman (kepastian Piala Dunia U-20) akan segera diinformasikan, ini kan PSSI sedang berunding terus dengan FIFA. PSSI ingin kompetisi tetap full kompetisi mulai dari pekan keempat," tutur Akhmad Hadian Lukita.

"Yang jadi pertanyaan sekarang adalah, apakah masih mau lanjut di Yogyakarta apa nggak. Karena klub juga ada yang mengusulkan mau main di homebase-nya seperti biasa," tutur penggemar klub baseball New York Yankees itu.

(cas/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com