sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 16 Nov 2020 11:55 WIB

Roadmap Timnas U-19 Kini ke Korea, Terkait Situasi di Eropa

Muhammad Robbani - detikSport
Timnas Indonesia U-19 Timnas U-19. (Foto: dok. PSSI)
Jakarta -

Negara mana yang akan dituju Timnas Indonesia U-19 untuk pemusatan latihan (TC) berikutnya belum bisa dipastikan PSSI. Untuk sementara, roadmap direncanakan akan berlangsung di Korea Selatan.

Belanda yang menjadi bidikan utama buat TC selanjutnya Timnas U-19 tak kunjung memberikan tanda positif buat PSSI. Selain Belanda, ada juga Korea yang menjadi kandidat kuat.

Kini, muncul juga Spanyol yang menjadi lokasi alternatif Belanda. PSSI masih berharap bisa mengirim Garuda Muda ke Eropa.

Korea yang sudah mempersilahkan PSSI cuma akan menjadi alternatif terakhir andai tak ada negara Eropa yang menerima Timnas U-19. PSSI masih pikir-pikir karena aturan wajib karantina 14 hari yang berlaku di Negeri Ginseng. Sejauh ini, roadmap program latihan Timnas Indonesia U-19 pun sudah diagendakan akan berlangsung di Korea.

"Ke Korea belum pasti, meski roadmap-nya di Korea. Karena rencana ke Belanda juga belum ada keputusan. Jadi, untuk sementara kami mungkin akan ke Korea," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat ditemui wartawan di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Minggu (15/11/2020).

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Foto: Muhammad Robbani/detikcom

"Shin Tae-yong maunya bukan ke Korea. Karena secara grade (maksudnya rangking FIFA) juga kan lebih tinggi Eropa ketimbang Korea. Tapi kami belum mampu untuk meyakinkan negara Eropa untuk menerima kami," ujarnya menambahkan.

"Mereka (negara Eropa) juga sedang menutup diri. Sampai saat ini kami terus berkorespondensi dengan KNVB untuk ke Belanda," katanya lagi.

Menjalani latihan ke Belanda akan menguntungkan Timnas U-19. Sembari berlatih dan beruji tanding melawan tim-tim kuat, tim pelatih Timnas U-19 juga bisa memantau dan memanggil langsung para pemain keturunan Indonesia yang bermukim dan berkarier di sana.

Sementara itu, terkait keinginan Timnas Indonesia U-19 ke Spanyol juga kondisinya tak jauh berbeda dengan Belanda. Belum ada kepastian 100 persen dari Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) untuk menerima Bagas Kaffa cs.

"Spanyol salah satu tujuan kami, tapi sekarang ada gelombang kedua (COVID-19) di Eropa. Shin Tae-yong pun mau di luar Korea (maksudnya Eropa) karena tim-tim di Eropa lebih bagus," tutur Iriawan.

"Seperti kemarin kan kita ke Kroasia. Kalau ke Korea kan ya levelnya Korea, Asia saja. Dia maunya di luar," ucapnya soal agenda TC berikutnya dari Timnas U-19.

(krs/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com