sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 16 Nov 2020 17:50 WIB

Timnas U-19 Sudah Mulai Latihan Lagi di Lapangan

Muhammad Robbani - detikSport
Timnas Indonesia U-19 mulai latihan di lapangan lagi. Timnas Indonesia u-19 sudah mulai latihan di lapangan lagi. (Foto: dok.PSSI)
Jakarta -

Timnas Indonesia U-19 menggelar latihan perdananya, di Stadion Madya, Jakarta, Senin (16/11/2020). Nova Arianto bertindak sebagai pelatih sementara.

Total ada 38 pemain yang dipanggil untuk mengikuti latihan ini. 12 di antaranya merupakan pemain baru yang tak ikut Pemusatan Latihan di Kroasia pada Agustus-Oktober lalu.

Ini merupakan latihan di lapangan pertama buat Timnas U-19 sepulangnya dari Kroasia. Sebelumnya mereka cuma menjalani latihan virtual pada 5-13 November.

"Hari ini pemain latihan naik-turun tangga serta sebagian melakukan skipping. Hal ini untuk menjaga endurance mereka," kata Asisten Pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto dalam rilis PSSI.

"Mereka naik-turun tangga sekitar 20 menit dan kami bagi dua dengan yang melakukan skipping. Kondisi pemain dalam kondisi baik, tetapi pemain baru harus beradaptasi dengan situasi latihan ini," ujarnya menambahkan.

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong absen dalam kesempatan kali ini karena masih berada di Korea Selatan. Ia pulang kampung tak lama setelah Timnas U-19 balik dari Kroasia pada penghujung Oktober lalu.

Meski begitu, materi latihan tetap berasal dari Shin Tae-yong yang disebut mengawasi latihan secara virtual. Nova Arianto hanya tinggal menjalankan instruksi dari Shin Tae-yong saja.

"Secara fisik memang belum menyamai fisik pemain yang sudah TC di Kroasia kemarin. Kami berharap mereka bisa berlatih lebih maksimal untuk mengejar kondisi fisik dengan pemain yang sudah lama bergabung dengan tim," tutur Nova yang merupakan eks pemain Persib Bandung.

"Pada TC kali ini kami lebih fokus untuk melihat mental pemain dalam menjalani semua program latihan yang diberikan oleh tim pelatih. Karena semua program latihan dari coach Shin Tae-yong adalah bagaimana pemain menjalani latihan itu dengan baik," ucapnya.

Kakang Rudianto menjadi salah satu debutan di Timnas U-19 pada kesempatan kali ini. Ia untuk pertama kalinya merasakan panggilan timnas setelah bersinar dalam program Garuda Select.

Ia mengakui belum bisa menyesuaikan dengan intensitas latihan Timnas U-19 yang dikenal berjalan keras. Meski begitu, ia mau cepat beradaptasi dengan latihan tim.

"Latihan perdana ini cukup berat dan saya harus bisa mengimbangi intensitas latihan ini dengan kerja keras. Untuk adaptasi saya terus berkomunikasi dengan pemain yang lama maupun yang baru dipanggil," ucap Kakang.

(cas/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com