sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 18 Nov 2020 18:00 WIB

Bayu Gatra Main Tarkam, PSM Makassar Bilang Begini

Muhammad Robbani - detikSport
Bayu Gatra PSM Makassar Memaklumi Bayu Gatra Main Tarkam (Rachman Haryanto/detikSport)
Jakarta -

Beredar video pemain PSM Makassar Bayu Gatra bermain di turnamen Antar Kampung (Tarkam). Juku Eja tak melarang pemainnya bermain di luar kompetisi resmi.

Video yang ramai di media sosial memperlihatkan Bayu Gatra marah-marah saat terjadi keributan dalam pertandingan antara Predator FC dan Bedadung FC di Jember, Jawa Timur. Uniknya, ibu Bayu Gatra meminta putranya pulang setelah terjadi keributan di lapangan.

Netizen ramai-ramai mengomentari video tersebut. Kebanyakan dari mereka mengungkapkan rasa mirisnya terhadap nasib pesepakbola Indonesia di tengah vakumnya kompetisi Shopee Liga 1.

Sudah cuma bermain di Tarkam, terjadi keributan pula. Aksi ibunda Bayu Gatra mengajak pulang, makin mendramatisir keadaan.



PSM Makassar selaku klub Bayu Gatra ikut memberikan komentar dan tanggapannya terhadap video tersebut. Mereka mempersilahkan pemainnya mengisi waktu luang dengan bermain selagi tak ada kompetisi resmi.

"Tidak ada larangan pemain untuk tarkam. Ini kan juga bagus untuk mereka, karena hitung-hitungannya sekaligus latihan," kata Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim kepada detikSport.

"Pemain PSM sudah profesional. Mereka tahu batasannya. Mereka juga bisa menjaga dirinya sendiri," ujarnya memaklumi keterlibatan Bayu Gatra di pertandingan Tarkam.

Sule, sapaan Sulaiman Abdul Karim kembali menegaskan Juku Eja tak pernah membatasi kegiatan pemainnya selama jeda kompetisi. Apalagi pemain juga butuh mendapatkan pemasukan juga.

Apalagi PSSI telah menerbitkan Surat Keputusan (SK) terbaru yang mengatur batasan nilai gaji. Klub Shopee Liga 1 hanya diwajibkan membayar gaji pemainnya sebesar 25 persen dari total nilai kontrak awal.

"PSM juga tak ada kegiatan, baru berkumpul lagi kalau liga sudah jelas. Pemain silahkan (main Tarkam) selama tidak kebablasan," ucap Sule.

(aff/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com