Marco Motta Gelisah Shopee Liga 1 Sudah Tertunda 9 Bulan

Muhammad Robbani - Sepakbola
Minggu, 06 Des 2020 18:40 WIB
Marco Motta Saat beraksi di pertandingan Persija Jakarta vs Borneo FC di SUGBK Jakarta, Minggu (1/3/2020).
Marco Motta Gelisah Shopee Liga 1 Sudah Tertunda 9 Bulan (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

Pemain asing Persija Jakarta, Marco Motta mengungkapkan kegelisahannya soal nasib Shopee Liga 1 2020. Ia heran kompetisi belum bisa dilanjutkan.

Motta iri dengan mayoritas kompetisi di seluruh dunia yang sudah bisa berjalan lagi. Sementara di Indonesia, kompetisi tak mendapat izin penyelenggaraan.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) baru sekadar merencanakan kompetisi dilanjutkan pada awal Februari 2021. Sementara itu, izin dari Polri yang menjadi syarat utama penyelenggaraan kompetisi sampai saat ini masih belum juga keluar.

"Sejak saya kecil, akhir pekan adalah selalu tentang sepakbola. Di setiap bagian dunia, tentunya dengan kebijakan yang tepat mengenai situasi yang sulit seperti saat ini, mereka tetap bisa melanjutkan kompetisi," tulis Motta di akun Instagram miliknya.

"Mengapa hal ini masih tidak memungkinkan terjadi di Indonesia? Kapankah pengumuman dari semua otoritas yang terkait tentang tanggal resmi dimulainya kembali?" tulisnya lagi.

Marco Motta bukan pemain asing pertama yang mengungkapkan kegelisahan ini. Sebelumnya, Brwa Nouri asal Bali United juga pernah mengungkapkan hal serupa di akun media sosial miliknya.

Wajar Motta dan pemain asing gelisah. Sudah sekitar sembilan bulan Shopee Liga 1 2020 tertunda sejak dihentikan sementara pada pertengahan Maret lalu.

Adapun Polri tak mengizinkan pertandingan sepakbola karena mempertimbangkan masih tingginya angka penyebaran virus corona di Indonesia. Mereka memprioritaskan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar serentak pada 9 Desember mendatang.

"Saya menghormati keputusan yang dibuat, tetapi saya juga benar-benar berusaha untuk memahami situasinya. Sepakbola selalu berarti untuk semua penggemar, selalu ada gairah dan ikatan emosional," lanjut Motta.

"Sekarang yang kami butuhkan adalah hanya sekadar 90 menit yang penuh dengan emosi dan energi positif. Sepak bola selalu bisa memberikan perasaan itu kepada kita. Setelah 10 bulan, sepakbola sudah sepantasnya untuk kembali!" tulis eks pemain Juventus mengakhiri.

[Gambas:Instagram]




(aff/krs)