Susul David da Silva, Makan Konate Juga Tinggalkan Persebaya

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 11 Des 2020 14:20 WIB
Makan Konate
Konate mundur karena tak ada kepastian kapan Liga 1 bergulir lagi. Foto: Dok. Persebaya
Surabaya -

Satu per satu pemain asing Persebaya Surabaya mengundurkan diri. Setelah David da Silva pamit akhir pekan lalu, giliran Makan Konate yang kini memutuskan keluar.

Diberitakan situs resmi Persebaya, Jumat (11/12/2020), Konate pamit karena alasan yang serupa dengan da Silva, yakni vakumnya Shopee Liga 1 akibat pandemi COVID-19. Gelandang asal Mali ini tak tahan menunggu lebih lama.

"Selama delapan bulan saya di Indonesia. Tidak ada kabar soal kompetisi sampai saat ini. Saya tidak bisa lebih lama lagi menunggu," ujar Konate.

"Jujur, keputusan ini sulit. Saya sudah terlanjur menjanjikan trofi juara pada Persebaya. Tetapi, situasi dan kondisi tidak memungkinkan. Saya harus lanjutkan perjalanan. Insya Allah suatu saat saya kembali," sambung pemain 29 tahun itu.

Konate diketahui menjadi satu-satunya pemain asing Persebaya yang bertahan di kota pahlawan saat Shopee Liga 1 disetop sejak Maret lalu. Aryn Williams pulang ke Australia dan kini berada di Inggris, Mahmoud Eid pulang ke Swedia, dan da Silva ke Brasil.

Meski sempat kembali ke Indonesia, da Silva akhirnya pulang lagi ke Brasil dan memilih mundur dari skuad Bajul Ijo karena Shopee Liga 1 diundur hingga tahun depan. Kini, Konate pun mengikuti langkahnya.

Sejauh ini, Konate mengaku belum tahu ke mana ia akan berlabuh usai meninggalkan Persebaya. Namun ia sudah mendapat sejumlah tawaran dari luar negeri.

"Ada tawaran dari beberapa klub Malaysia, Thailand, dan Arab Saudi. Saya masih belum putuskan. Saya akan bicara dulu dengan agen saya, Mamadou," jelas pemain yang mengantarkan Persib Bandung juara Liga Indonesia 2014 itu.

(adp/cas)