Shopee Liga 1: Bali United Sudah Ancang-ancang Latihan Lagi

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 16 Des 2020 14:50 WIB
Bali United berlatih lagi di Legian, Senin (3/8/2020).
Ilustrasi latihan skuad Bali United pada bulan Agustus lalu. (Foto: baliutd.com)
Jakarta -

Menyambut rencana lanjutnya Shopee Liga 1 2020 pada Februari tahun depan, Bali United sudah punya rencana berlatih lagi mulai awal tahun 2021.

Persiapan selama satu bulan dirasa cukup buat Serdadu Tridatu sebelum tampil di kompetisi. Pelatih Bali United Stefano Cugurra atau Teco berharap tak ada penundaan kompetisi lagi.

Pemilihan lanjutan kompetisi pada Februari 2021 oleh PSSI dan PT Liga Indonesia (LIB) tak terlepas dari pertimbangan persiapan buat para klub. Diharapkan klub punya persiapan minimal satu bulan untuk tampil ke kompetisi.

"Saya berharap tim bisa balik latihan di bulan Januari mendatang. Semoga kompetisi bisa mulai tahun depan atau ada kompetisi di bulan Februari," kata Teco di laman resmi Bali United.

"Mengenai pemain bertahan atau tidak tergantung regulasi kompetisi mendatang. Mudah-mudahan mayoritas pemain bisa bertahan di Bali United untuk punya persiapan yang bagus," ujarnya menyoal kecenderungan eksodus pemain akibat belum lanjutnya Shopee Liga 1.

Teco punya alasan lain terkait rencananya mengumpulkan para pemainnya lagi. Menurutnya, Bali United sudah terlalu lama diliburkan di tengah vakumnya kompetisi.

Ia juga menerima masukan dari rekan-rekannya sesama pelatih sepakbola. Kebanyakan dari mereka yang berkarier di luar Indonesia sudah memulai kembali aktivitas sepakbolanya.

"Kami sudah ada di bulan Desember pada tahun ini. Semoga tahun depan kompetisi benar bisa ada dan terlaksana," ucap pelatih asal Brasil itu.

"Seperti teman pelatih saya dari Malaysia, dia sudah mau balik latihan bulan ini dan sudah punya jadwal semua pertandingan untuk timnya dalam kompetisi di negara mereka. Tentu kami berharap Indonesia juga bisa melaksanakan kompetisi dan jadwal sudah ada," tuturnya mengenai harapan kelanjutan Shopee Liga 1 2020 tak lagi tertunda.

Bali United juga berpeluang tampil di Piala AFC 2021 bersama enam klub Shopee Liga lainnya yang punya lisensi profesional dari AFC. Kabarnya PSSI akan mengumumkan wakil Indonesia di Piala AFC pada Rabu (16/12/2020).

(krs/yna)