sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 17 Des 2020 13:40 WIB

Persib Bandung U-15 Latihan Virtual dengan Shohei Matsunaga

Yudha Maulana - detikSport
Persib Bandung U-15 menjalani coaching clinic dengan Shohei Matsunaga. Persib Bandung U-15 menjalani coaching clinic virtual bersama Shohei Matsunaga. (Foto: dok.Persib Bandung)
Jakarta -

Shohei Matsunaga memberikan pelatihan kepada pemain akademi Persib Bandung U-15 secara virtual. Teknik dasar sepakbola menunya.

Di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (17/12/2020). Pemain kelahiran Shizuoka itu membagi ilmunya dibantu gelandang Persib Abdul Aziz dan tiga asisten pelatih lainnya.

Dari Jepang, Shohei yang merupakan eks penggawa Persib musim 2011 dan 2017 memberikan materi latihan dasar seperti dribbling, passing dan shooting. Peragaan gerakan dibantu oleh Aziz dan para asisten pelatih di lapangan selama satu hari.

"Buat saya sih, kegiatan ini sangat positif, dimana kita masyarakat Jawa Barat bisa bekerja sama dengan Shizouka dari Jepang. Siapa tahu di waktu mendatang akan banyak pemain asal Jawa Barat bisa main di Jepang, " kata Aziz di GBLA.

Menurut Aziz pesepakbola potensial sangat banyak di Indonesia, termasuk di Persib, bukan tidak mungkin ke depannya pemain-pemain dari Indonesia, bisa melanglang buana di Asia dan Jepang.

"Sejauh ini potensi sudah ada, banyak pemain U-20 yang main di Eropa, kemungkinan pemain Indonesia bisa main di Asia dan Jepang," tuturnya.

Kerjasama dengan Matsunaga ini, bukan kali pertama dilakukan Abdul Aziz. Sebelumnya, Matsunaga pernah satu tim dengan Aziz saat membela Persiba Balikpapan. "Dari semalam sudah kontakan, melepas rindu juga karena situasi COVID-19 ini," katanya.

Coaching Clinic Shohei ke para pemain Persib U-15 tersebut merupakan salah satu bentuk kerjasama antara Provinsi Jawa Barat (Indonesia) dengan Prefektur Shizuoka (Jepang) yang bertema Since We : Meet Shizuoka. Hadir dalam pembukaan coaching klinik tersebut Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, dan Sekretaris Komisi I DPRD Jabar Sadar Muslihat.

Wagub Uu mendukung kegiatan sepakbola sebagai salah satu cabang olahraga, yang merupakan bagian dari penunjang pembangunan dan kesehatan masyarakat. Selain olahraga, kerjasama ini juga meliputi tentang ekonomi dan pendidikan.

"Ini bentuk kerjasama antara Indonesia dan Jepang, kerja sama yang sangat menguntungkan karena meliputi bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, termasuk olahraga. Olahraga sangat penting sebagai penunjang kesehatan masyarakat dan mensukseskan pembangunan," ujarnya.



Simak Video "Preman Kampung Pukul-Bacok Pemobil di Garut Diciduk"
[Gambas:Video 20detik]
(yum/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com