Saddam Emiruddin Berambisi Naik Kelas dari Timnas U-19

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 19 Jan 2021 17:50 WIB
timnas indonesia u-19 vs makedonia utara
Saddam Gaffar ingin naik kelas dari Timnas Indonesia U-19. (Foto: Dok. PSSI)
Jakarta -

Saddam Emiruddin Gaffar berambisi naik kelas dari Timnas Indonesia U-19. Dia ingin menembus TImnas U-23 atau Senior.

Saddam gagal beraksi di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20. Kedua ajang itu dibatalkan karena pandemi virus Corona.

Ia dan mayoritas pemain Timnas Indonesia U-19 lainnya sudah pupus untuk tampil di dua kejuaraan tersebut. Saddam pun tak mau meratapi keadaan.

Pemain muda PSS Sleman itu yakin bisa mendapat kesempatan naik kelas asal berusaha. Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pun sudah membuka kesempatan itu untuk mempromosikan pemain-pemain Timnas U-19.

"Sedih dan kecewa, tapi pasti ada rencana yang lebih baik. Intinya kerja keras lagi," kata Saddam dalam rilis PSS soal kegagalannya tampil di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20.

"Target saya pun berubah, sekarang mau main di event kayak Sea Games, masuk Timnas Senior. Karena kalau Piala Dunia (U-20) sudah nggak masuk umurnya," ujarnya menambahkan.

FIFA secara resmi mengumumkan pembatalan Piala Dunia U-20 pada akhir Desember lalu. Pengumuman itu keluar di saat Timnas U-19 sedang bersiap untuk melakukan Pemusatan Latihan (TC) ke Spanyol.

TC di Spanyol pun cuma berlangsung sekitar dua pekan karena terkendala mengadakan uji coba. Saat pulang ke Indonesia, AFC juga memutuskan menunda Piala Asia U-19.

"Coach Nova (Arianto) dan tim pelatih Indonesia pernah bertanya ke kami, "kamu sudah tahu semua kan Piala Dunia (U-20) diundur? Apa yang kamu lakukan kalau begini?" ucap Saddam mengingat momen pembatalan Piala Dunia U-20.

"Mau berlatih keras apa selesai?" Anak-anak menjawab "masih mau berlatih keras". Ditanya lagi "Apa yang mau kamu targetkan?" Dijawab "masuk tim senior karena masih banyak event lain selain Piala Dunia (U-20)"," ucapnya.

Saddam bisa dibilang menjadi salah satu pemain kesayangan Shin Tae-yong. Pemain kelahiran Semarang itu terlibat dalam persiapan Timnas U-19 sejak pertama kali digelar pada awal Januari 2020.

Bukan tidak mungkin pelatih asal Korea Selatan itu akan mempromosikannya ke timnas kelas usia di strata yang lebih tinggi. Ada banyak ajang yang akan dimainkan Timnas U-23 dan Timnas Senior di sepanjang 2021.

(cas/nds)