sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 21 Jan 2021 10:00 WIB

PT LIB: Klub-klub Minta Shopee Liga 1 2021 Digelar Setelah Lebaran

Muhammad Robbani - detikSport
Ilustrasi Shopee Liga 1 Shopee Liga 1 2021 diminta start usai Idul Fitri. (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

PT Liga Indonesia Baru (LIB) kemungkinan akan menjadwalkan kick-off Shopee Liga 1 2021 setelah lebaran. Katanya, itu adalah keinginan klub-klub peserta.

Lebaran 2021 atau Hari Raya Idul fitri 1442 Hijriah jatuh pada 13 Mei sebagaimana ditetapkan pemerintah. Beberapa klub juga mau kalender kompetisi di Indonesia mengikuti jadwal kompetisi di Eropa

Jika mengabulkan keinginan itu, kompetisi tak akan dimulai dalam waktu dekat. Klaim PT LIB, klub-klub menilai pertengahan tahun adalah waktu yang ideal untuk menjalankan kompetisi lagi.

"Dari hasil masukan klub (Shopee Liga 1 2021) digelar setelah lebaran. Kalau sebelum itu izin sudah keluar, bisa saja ada pertandingan pramusim, uji coba atau sejenisnya," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada wartawan.

"Jangan sampai klub kosong agenda. Kami harus tahu ada agenda nasional apa lagi. Semoga tidak ada yang butuh pengamanan ketat, supaya (kompetisi) nggak diberhentikan," ujarnya berharap.

Berdasarkan arahan PSSI, PT LIB diminta untuk menyusun jadwal dengan memerhatikan beberapa event sepakbola lainnya. Misalnya beberapa event Timnas Indonesia (Kualifikasi Piala Dunia 2022, Piala AFF, SEA Games 2021) hingga kejuaran klub Asia (Piala AFC).

Jangan sampai ada benturan jadwal antara pertandingan domestik dengan agenda internasional dan nasional, baik itu level timnas dan klub. Dengan begitu, diharapkan tak akan ada konflik benturan jadwal sebagaimana yang kerap terjadi.

"Arahan dari PSSI, kami diminta menyiapkan rancangan Liga 2021 mempertimbangkan izin. Mudah-mudahan kapolri baru bisa memberikan izin dan kami sudah intens berkomunikasi," tutur Lukita.

"Jangan sampai rancangan jadwal (Shopee Liga 1) tidak sinkron dengan PON, SEA Games, atau Piala AFC. Kami merancang skema formatnya, tapi ini bersifat usulan ya," ucap pria penggemar Formula One itu.

(cas/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com