Profil FC Utrecht, Klub Baru Bagus Kahfi

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Sabtu, 06 Feb 2021 09:20 WIB
Bagus Kahfi gabung FC Utrecht
Bagus Kahfi resmi diperkenalkan sebagai pemain anyar FC Utrecht. (Foto: Twitter @fcutrecht)
Jakarta -

Pemain muda Indonesia Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri resmi bergabung dengan FC Utrecht. FC Utrecht merupakan salah satu tim elite di Belanda.

Bagus Kahfi resmi diperkenalkan sebagai pemain anyar FC Utrecht pada Jumat (5/2/2021) kemarin. Ia dikontrak hingga tahun depan, dengan opsi perpanjangan dua tahun.

Penyerang 19 tahun itu selanjutnya akan memperkuat tim U-18 lebih dulu. Jika adaptasi berjalan lancar, bukan tidak mungkin Bagus Kahfi naik jenjang ke Jong Utrecht alias tim reserve FC Utrecht.

Jong Utrecht saat ini bertanding di divisi dua Liga Belanda, satu tingkat di bawah Eredivisie, tempat tim utama FC Utrecht bertarung. Secara umum, FC Utrecht berdiri pada 1 Juli 1970, hasil dari merger tiga klub: VV DOS, Velox, dan USV Elinkwijk.

Dalam perjalanannya, FC Utrecht beberapa kali mengalami kesulitan finansial dan hampir bangkrut. Sejumlah peralihan kepemilikan telah berjalan, termasuk pada 2003 dan 2008.

Bermarkas di Stadion Galgenwaard, FC Utrecht belum sekalipun mencicipi titel liga domestik. Satu-satunya gelar juara diraih saat masih berstatus VV DOS, satu dari tiga klub yang merger untuk menjadi Utrecht.

Namun FC Utrecht punya tiga titel Piala Belanda, diraih pada 1984/1985, 2002/2003, dan 2003/2004. Gelar tersebut bisa saja bertambah tahun lalu, tapi final kontra Feyenoord dibatalkan menyusul pandemi COVID-19.

FC Utrecht juga punya satu gelar Piala Super Belanda, yang dimenangi pada 2004 silam. Di kompetisi Eropa, klub berjuluk Utreg ini sudah 15 kali bertarung baik di Piala Winners, Piala Intertoto, Piala UEFA, maupun Liga Europa. Saat ini, FC Utrecht ada di peringkat 153 UEFA.

Dirk Kuyt adalah salah satu lulusan FC Utrecht paling populer. Di Indonesia, Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly merupakan dua pemain yang pernah berkarier di sana.



Simak Video "Chelsea Gagal Ukir Sejarah Kawinkan Trofi Liga Champions"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/ran)