Evaluasi Menpora soal Penerapan Prokes di Dua Laga Timnas

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 08 Mar 2021 16:45 WIB
Ketum PSSI Mochamad Iriawan (iwan Bule) bertemu Menpora Zainudin Amali. Pertemuan itu bahas nasib kompetisi sepakbola di Indonesia yang mati suri gegara Corona.
Evaluasi Menpora soal Penerapan Prokes di Dua Laga Timnas (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

Menpora Zainudin Amali memberi catatan soal penerapan protokol kesehatan dua laga uji coba Timnas Indonesia. Secara keseluruhan ia mengaku puas dan memuji PSSI.

Timnas Indonesia meladeni Tira Persikabo di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (5/3/2021), dan menang 2-0. Dua hari kemudian di tempat yang sama mereka menghadapi Bali United dan menang 3-1.

Amali turut hadir dalam dua kesempatan itu untuk mengecek penerapan prokes pertandingan sepakbola. Bahkan ia sampai melakukan inspeksi persiapan sebelum laga kontra Tira Persikabo.

"Syukur alhamdulillah pada saat pelaksanaan dua kegiatan itu prokesnya jalan dengan disiplin, hari pertama ada yang tahu bahwa saya hadir sekitar 16.30 di Stadion Madya," kata Amali dalam jumpa pers virtual, Senin (8/3).

"Kehadiran saya untuk memastikan bahwa apa yang disampaikan panitia dilaksanakan sesuai rencana. saya pastikan pemain datang, bus dimana, kamar ganti seperti apa, pemain masuk stadion dari mana, semua saya lihat satu persatu," ujarnya menambahkan.

Timnas Indonesia melawan Bali United.Timnas Indonesia vs Bali United (detikcom/Rifkianto Nugroho)

Sebelumnya, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah mempresentasikan prokes dalam pelaksanaan sepakbola di hadapan Polri dan Kemenpora. Pakem prokes yang sama juga menjadi acuan dalam gelaran dua laga uji coba Timnas Indonesia.

Ada catatan kecil dari Amali soal kekurangan tentang penerapan prokes di laga Timnas Indonesia. Tapi, hal itu menurutnya sudah berhasil diperbaiki dalam uji coba kedua.

"Dalam pertandingan hari pertama, ada botol minum bekas pun itu menjadi perhatian saya. Pada pertandingan kedua itu sudah tidak ada lagi," ucap pria asal Gorontalo.

"Hal-hal seperti itu menjadi catatan buat saya bahwa penyelenggaraan pertandingan uji coba timnas dua kali itu berhasil baik soal penerapan prokes. Panitia penyelenggara dan PSSI memenuhi janjinya sesuai apa yang pernah mereka sampaikan kepada kami," ucapnya.

(aff/mrp)