Piala Menpora 2021: Imbangi Persikabo, Barito Putera Lolos ke Delapan Besar

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 30 Mar 2021 17:18 WIB
Barito Putera vs Tira Persikabo bertanding di Grup A Piala Menpora 2021 yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Selasa (30/3/2021).
Barito (kuning) lolos ke delapan besar Piala Menpora 2021. Foto: Dok. Liga Indonesia Baru
Solo -

Barito Putera menjadi tim pertama yang lolos ke perempatfinal Piala Menpora 2021. Kepastian ini didapat usai menahan imbang Tira Persikabo 2-2 di matchday terakhir Grup A.

Di Manahan, Solo, Selasa (30/3/2021), Persikabo unggul lebih dulu lewat Ahmad Nufiandani (36'). Barito menyamakan kedudukan lewat sundulan Cassio (49), namun The Army kembali unggul semenit setelahnya lewat sontekan Andy Setyo.

Sempat berada di jurang kekalahan, Barito akhirnya menyamakan kedudukan di menit ke-86 lewat gol Muhamad Firli. Skor itu bertahan hingga usai dan memastikan skuad asuhan Djadjang Nurdjaman lolos ke delapan besar.

Barito mengakhiri grup A dengan 5 poin, sedangkan Persikabo yang hanya mendapat 2 poin dipastikan angkat koper. Satu tiket ke fase gugur akan diperebutkan PSIS Semarang dan Arema FC, yang akan bertemu di laga pamungkas.

Jalannya pertandingan

Persikabo yang butuh kemenangan coba memberi tekanan. Wawan Febrianto mengancam gawang Barito di menit ke-15, namun sepakan jarak jauhnya sukses di-tip kiper Muhammad Riyandi.

Barito membalas di menit ke-25. Rizky Pora melakukan cut-inside dari sisi kanan kemudian diakhiri dengan sepakan melengkung, tapi bola masih belum tepat sasaran.

Wawan kembali memperoleh peluang di menit ke-33 lewat tendangan bebas, namun eksekusinya membentur pagar hidup Barito.

GOL! Persikabo unggul di menit ke-36. Crossing Wawan coba dihalau bek Barito, Muhammad Rifqy, namun gagal dan bola diterima Ahmad Nufiandani yang langsung melepaskan tembakan first time ke gawang Barito. Riyandi coba menghalau, tapi gagal.



Tertinggal satu gol, Barito berusaha memberi perlawanan. Bayu Pradana mengeksekusi tendangan bebas dari sisi kiri di menit ke-40, tapi bola masih melebar tipis di samping kiri gawang Persikabo. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Barito berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-50. Sepak pojok yang dilepaskan Rizky Pora dituntaskan Cassio Francisco de Jesus dengan sundulan yang bersarang telak di gawang Persikabo tanpa bisa dihalau kiper Syahrul Trisna Fadillah.

Tapi kedudukan itu tak bertahan lama. Semenit kemudian, Persikabo kembali mencetak gol. Menerima umpan tendangan bebas, Andy Setyo dengan tenang menyontek bola masuk ke gawang Barito, menaklukkan Riyandi. 2-1 untuk Persikabo.



Barito belum menyerah dan memberi perlawanan di menit ke-57. Alif Jaelani melepaskan tembakan jarak jauh. Syahrul dengan sigap mengamankan bola.

Persikabo membalas semenit berselang. Sepakan Firza Andika nyaris membuahkan gol ketiga, namun bisa diselamatkan Riyandi.

Barito menyerang lagi. Alif kembali mendapat kans di menit ke-60, tapi long shoot yang ia lepaskan kali ini gagal mengarah ke gawang. Empat menit berselang, sundulan Chris Robert yang memanfaatkan sepak pojok juga bernasib serupa.

Nyaris! Di menit ke-70, crossing Beni Oktovianto disambar Kahar Kalu dengan sontekan ke arah gawang Persikabo , namun Syahrul mampu menghalau tendangan tersebut.

Persikabo tak tinggal diam. Di menit ke-84, Ciro Alves hampir saja menambah gol. Mendapat ruang bebas, tendangannya masih bisa di-tip oleh Riyandi.

GOL! Barito akhirnya menyamakan kedudukan di menit ke-86. Memanfaatkan kemelut tendangan bebas, Muhamad Firli yang menerima bola langsung melepaskan sepakan mendatar ke sudut kiri gawang. Bola coba dihalau Syahrul, tapi tetap masuk ke gawang Persikabo. Skor menjadi 2-2.



Di atas angin, Barito terus menekan. Batu kembali mendapat kans lewat tendangan bebas di menit ke-89, tapi sepakannya masih melambung.

Persikabo belum patah arang. Di menit ke-90, tusukan Ciro ke kotak penalti diakhiri dengan crossing kepada Hanis Sagara, namun sepakan nama terakhir masih lemah dan bisa diantisipasi Riyandi.

Skor imbang 2-2 bertahan hingga peluit panjang.

Starting line-up

Barito Putera: Riyandi, Bagas, Cassio, Firli, Rifqy, Bayu, Luthfi, Alif, Umanailo, Rizky Pora, Donald

Tira Persikabo: Syahrul, Rifad, Andy Setyo, Didik, Abduh, Firza Andika, Guntur, Roni Sugeng, Nufiandani, Wawan, Dimas Drajad

(adp/krs)