Statistik Piala Menpora 2021 Sejauh Ini: Tim Terproduktif adalah...

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 06 Apr 2021 20:17 WIB
Piala Menpora 2021, Logo Piala Menpora 2021
Statistik Piala Menpora 2021 Sejauh Ini: Tim Terproduktif adalah... (Foto: dok. PT LIB)
Jakarta -

Fase grup Piala Menpora 2021 sebentar lagi segera berakhir. Tinggal dua pertandingan Grup C saja yang belum rampung. Bagaimana statistiknya sejauh ini?

Sejauh ini, menilik statistik, PSIS Semarang tercatat sebagai klub paling produktif. Dari tiga pertandingan, Mahesa Jenar sudah mencetak sembilan gol.

Di sisi lain, PSIS tak bisa mengimbangi produktivitasnya itu dalam hal bertahan. Pratama Arhan cs cuma menempati peringkat ke-14 soal pertahanan terbaik dengan kebobolan enam gol.

Sementara tim dengan pertahanan terbaik adalah Persela Lamongan yang cuma kebobolan tiga gol. Sementara Borneo FC adalah tim terburuk soal pertahanan karena kebobolan tujuh gol.

Soal agresivitas, Madura United jadi yang terdepan. Mereka melepas 22 tendangan terarah dan 23 tendangan melenceng dari Piala Menpora 2021 sejauh ini. Di sisi lain, PSM Makassar jadi tim paling sedikit melepas tendangan terarah dengan jumlah tujuh saja.

Dari sisi pemain, Assanur Rijal dari Persiraja Banda Aceh menjadi top scorer sementara dengan torehan empat gol. Sayang, Persiraja sudah pasti tersisih dari fase grup sehingga catatan Assanur Rijal tak bisa bertambah lagi.

Sementara top assist diisi oleh lima pemain dengan jumlah masing-masing dua kali. Mereka dengan catatan dua assist adalah Yakob Sayuri, Stefano Lilipaly, Marc Klok, Wander Luizm, dan Wawan Febriyanto.

Sebagai catatan, statistik ini masih bisa berubah setelah dua pertandingan terakhir Grup C. Empat klub Grup C masih berpeluang lolos untuk memperebutkan status runner-up.

Mereka adalah Madura United, PSS Sleman, Persela Lamongan, dan Persik Kediri. Persela Lamongan kontra Persik Kediri dan PSS Sleman melawan Persebaya. Baru Persebaya Surabaya dari Grup C yang sudah memastikan lolos dengan status juara grup.

Sementara itu, tujuh tim sudah memastikan lolos ke babak perempat final. Mereka adalah PSIS Semarang, Barito Putera, Persija Jakarta, PSM Makassar, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, dan Bali United.

Statistik klub di Piala Menpora 2021 sejauh ini:

Terproduktif
PSIS Semarang: 9 gol

Pertahanan terbaik
Persela Lamongan: Kebobolan tiga gol

Pertahanan terburuk
Borneo FC: Kebobolan 7 gol

Teragresif
Madura United: 22 tendangan terarah, 23 tendangan melenceng

Top Skor Piala Menpora 2021 sejauh ini
Assanur Rijal: 4 gol

Top Assist Piala Menpora 2021 sejauh ini
Yakob Sayuri, Stefano Lilipaly, Marc Klok, Wander Luiz, dan Wawan Febriyanto: 2 assist

(krs/nds)