Kapten Persib Supardi Gabung Latihan Lagi Usai Ikuti Kursus Kepelatihan

Yudha Maulana - Sepakbola
Rabu, 07 Apr 2021 17:20 WIB
Supardi, kapten Persib Bandung
Kapten Persib Supardi Gabung Latihan Lagi. (Foto: Dok.Persib)
Bandung -

Supardi, kapten Persib Bandung, terlihat dalam latihan tim di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung pada hari Kamis (7/4/2021). Ia kembali setelah menjalani kursus kepelatihan lisensi B PSSI di Padang, Sumatera Barat.

"Saya sangat sekali bisa gabung tim tentunya saya akan berusaha kembalikan kondisi dlu berusaha untuk memotivasi diri sendiri untuk sementara," ujar Supardi dalam jumpa pers daring, Rabu (7/4/2021).

Karena kursus itu, Supardi harus absen pada tiga laga yang dilakoni Maung Bandung pada babak penyisihan fase grup Piala Menpora 2021. Walau demikian, ia akui mendapatkan pelajaran yang berharga.

"Pelajaran paling penting buat saya jadi pelatih itu tidak mudah, tidah semudah yang orang-orang katakan dan bayangkan, jadi pelatih itu saya pikir tugas yang berat," kata Supardi.

"Kalau kursus itu, sebenarnya kita belajar bagaimana menjadi seorang pelatih bukan pemain dan saya masih mau bermain," imbuhnya.

Soal kondisi fisiknya, ia tak terlalu khawatir karena siap untuk mengejar ketertinggalan dari pemain Persib Bandung lainnya. Termasuk saat Ramadhan nanti.

"Ramadhan itu adaptasi aja sebenarnya, enggak ada masalah saya pikir, itu lebih nyaman untuk latihan karena kondisi badan kita sehat, segar, tanpa banyak makan, capek iya sedikit, haus iya pasti, normal," katanya.

Ternyata, selama menjalani kursus kepelatihan, Supardi tetap memantau pertandingan Persib Bandung dari layar kaca. Seperti diketahui, Persib lolos ke fase 8 delapan besar dengan torehan tujuh poin dari tiga pertandingan.

"Iya hanya beberapa kali saya menyaksikan mulai pertandingan pertama sampai terakhir, kemarin terpotong karena waktu salat agak ketinggalan," katanya.

(yum/krs)